Pendidikan ialah hak bagi setiap insan, tanpa memandang berbagai latar belakang, suku, agama, atau kondisi sosial-ekonomi. Di dalam setiap ruang kelas, terdapat keragaman peserta didik yang perlu diperhatikan agar tujuan kurikulum dapat tercapai secara optimal. Dalam esai ini, akan diperdebatkan mengenai pentingnya memahami keragaman peserta didik dan bagaimana pemenuhan target kurikulum dapat dicapai dengan memperhatikan kebutuhan setiap individu.  Pendidikan yang efektif harus memahami dan menghormati keragaman peserta didik. Setiap dari mereka memiliki latar belakang, minat, dan cara belajar yang berbeda. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk merancang dan menerapkan kurikulum yang memperhatikan perbedaan ini agar setiap peserta didik dapat mencapai potensi maksimalnya. Pendidikan merupakan landasan bagi  perkembangan individu dan masyarakat. Di tengah perubahan global dan kemajuan teknologi yang cepat, kebutuhan akan pendidikan yang inklusif dan responsif terhadap keanekaragaman peserta didik semakin  mendesak. Untuk  memahami variasi peserta didik  dan memenuhi kebutuhan kurikulum, pendekatan pembelajaran yang berbeda menjadi sangat penting untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang  menarik  dan  efisien  bagi semua  peserta didik.  Inti  dari  pendidikan  adalah pembentukan karakter. Karakter yang berkualitas dapat membantu individu menjadi sumber daya yang  sangat  berharga  dan  diperlukan  dalam sebuah  organisasi.  Karakter  yang  baik  dan berkualitas  mampu  membantu  individu  untuk menghadapi berbagai perkembangan dalam ilmu pengetahuan  dan  teknologi  dan juga  dampaknya dalam berbagai aspek kehidupan (Sutaga, 2022).
KEMBALI KE ARTIKEL