Pengaturan perilaku siswa oleh guru seringkali menjadi topik perdebatan, apalagi jika terjadi seperti yang terjadi pada Bu Supriani di Pulau Sulawesi. Pemahaman terhadap topik ini berbeda-beda tergantung dari sudut pandang yang diambil dari bidang pendidikan, psikologi, hukum, dan sosial. Dalam pendidikan, hukuman sering kali dipandang sebagai cara mengatur perilaku guna menanamkan disiplin. Menurut BF. Skinner, seorang ahli teori pembelajaran, menyatakan bahwa penggunaan hukuman efektif dalam menghentikan perilaku negatif. Namun, ingatlah bahwa penghargaan lebih efektif daripada hukuman dalam mendorong perilaku positif. Pandangan ini mengisyaratkan bahwa penjatuhan hukuman hendaknya dilakukan dengan hati-hati dan hanya dalam keadaan tertentu. Dari sudut pandang psikologis, penggunaan hukuman fisik atau verbal dapat berdampak jangka panjang terhadap kesejahteraan psikologis siswa.
KEMBALI KE ARTIKEL