JAKARTA, KOMPAS.com - Media blog bersama (
social blog)
Kompasiana mendapat penghargaan Marketeers Netizen Champion dari majalah
Marketeers.
Kompasiana terpilih sebagai salah satu dari 12 penggerak
netizen di Indonesia, terutama di Kota Jakarta. "
Surprise sekali mendapat penghargaan tersebut karena sebelumnya kita dirancang sebagai blog jurnalis, tapi kemudian berkembang menjadi blog publik," kata Pepih Nugraha, admin pengelola
Kompasiana saat diminta tanggapannya, Jumat (29/10/2010). Ia mengatakan, saat dibuka mulai tahun 2008,
Kompasiana awalnya hanya dirancang sebagai media bagi jurnalis di lingkungan Kompas Gramedia untuk menuangkan tulisannya di luar hasil karya yang diterbitkan. Namun, dalam perkembangannya,
Kompasiana membuka blog tamu yang diisi tokoh dan publik figur. Dari hasil diskusi, masukan, dan
sharing pengalaman dengan banyak pihak, blog bersama ini kemudian dibuka penuh untuk publik sejak tahun 2009. Kini, setiap orang dapat langsung bergabung dengan
Kompasiana dan menulis blog. Disebut blog bersama karena
Kompasiana pada dasarnya satu blog yang diisi ramai-ramai. Meski demikian, setiap orang memiliki halaman pribadi untuk menjalin pertemanan dan mengatur data profilnya. "Ke depan
Kompasiana akan menjadi
social networking," lanjut Pepih. Namun, fokus layanan ini tetap pada
update tulisan. Setiap pengguna akan dapat menjalin bentuk pertemanan lebih intim, tetapi karya tulisannya tetap dapat dilihat semua orang. Pepih mengatakan,
Kompasiana juga akan mendorong profesionalisme para
blogger dengan konsep jurnalisme
hybrid. Dalam konsep ini, akan dibangun kerja sama peliputan antara warga dan jurnalis
Kompas.com.
Kompasiana akan tetap dipertahankan sebagai sosial blog yang bebas untuk siapa saja, tetapi pengguna terpilih berkesempatan menjadi kontributor lepas untuk melaporkan peristiwa di sekitarnya secara profesional layaknya jurnalis. Hasil laporannya akan dimuat di
Kompas.com dengan imbalan insentif. Saat di usia dua tahun ini,
Kompasiana telah berhasil mengajak lebih dari 40.000 orang. Dalam sebulan terakhir,
Kompasiana diakses 2,7 juta orang, 6,2
page view, dan berada di peringkat 86 situs web terpopuler di Indonesia versi Alexa.com. Penyerahan penghargaan untuk
Kompasiana dilakukan dalam Marketeers Dinner Seminar dengan tema "Marketing to Netizen", yang menampilkan Hermawan Kartajaya sebagai pemateri utama, Rabu (27/10/2010) malam lalu. Selain
Kompasiana, merek atau komunitas lain yang juga mendapat penghargaan serupa, di antaranya, komunitas Fresh, Kaskus, Blogger Bundaran HI, dan Pesta Blogger.
Catatan: Tulisan ini diambil dari berita Kompas.com rubrik Tekno dengan j
udul yang sama, tidak lain sebagai penyemangat dan motivasi menulis Kompasianer, karena penghargaan ini tidak akan bisa diperoleh kalau tidak ada konstribusi Kompasianers. Penghargaan lainnya diperoleh Kompasiana di Pesta Blogger sebagai
blog citizen journalism terbaik di Indonesia!
KEMBALI KE ARTIKEL