Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Hancurnya Karakter oleh Lembaga Pendidikan Formal Kita

18 Oktober 2013   08:40 Diperbarui: 24 Juni 2015   06:23 249 0
Trenyuh. Sedih. Kecewa. Marah. Kesal.
Semua campur baur menjadi satu. Lembaga pendidikan yang seharusnya menjadi tempat mendidik, membina, mengayomi, mengasuh, mengamong anak didik dengan nilai-nilai luhur, justru sebaliknya. Nilai nilai luhur luntur, menghilang dan musnah, dikalahkan oleh kepentingan sesaat para pejabat/pengelolanya.

Kepentingan pertama pengelola/pejabat pendidikan adalah prestasi. Mereka tidak ingin lembaga yang dipimpin atau dikelolanya, kalah dari pihak lain, atau berprestasi buruk. Sayang sekali, cara untuk menghindari prestasi buruk ini, bukan dengan jalan proses belajar dan mengajar yang lebih baik, melainkan melalui cara instant. Ukuran sekolah baik dan tidak baik saat ini, sebagian besar adalah dari hasil ujian nasional. Berapa nilai rata-rata siswanya? Lulus 100 persen atau tidak? Dan seterusnya.

Kepentingan kedua pengelola/pejabat pendidikan adalah uang/pangkat/harta. Dengan prestasi tetap terjaga, maka peserta didik akan datang berbondong-bondong, atau kenaikan pangkat dan jabatan. Pendidikan dianggap sebagai bisnis yang amat menjanjikan dan mengalirkan pundi pundi uang setiap saat.

Ketika ujian nasional tiba, maka para pengelola/pejabat pendidikan itu secara berjamaah menghalalkan segala cara, agar siswa-siswanya mendapatkan nilai tinggi. Kongkalikong terjadi, meski pengawas berasal dari berbeda beda sekolah. Sudah menjadi rahasia umum, ketika terjadi contek menyontek massal, dibiarkan. Ketika terjadi pembocoran jawaban kepada siswa, juga dibiarkan. Bahkan diciptakan bersama-sama demi nilai yang tinggi, demi citra sekolah, demi uang.

Duh gusti, anak-anak itu diajarkan berbuat curang, berbohong, dan menganiaya diri sendiri. Siapa yang mengajarkan? Mereka yang seharusnya mengajarkan kebaikan, mengajarkan kejujuran, mengajarkan cinta kasih, mengajarkan karakter positif... justru secara terstruktur menghancurkan jati diri anak bangsa sejak belia. Ingat, usia 0 – 15 tahun adalah usia paling vital dalam mengajarkan karakter. Ketika pada usia itu, karakter mereka dibentuk dengan substansi yang salah, maka karakter itu akan menghiasi sisa umur mereka pun. Nauzubillahiminzalik.

Sadarkah hei para pengelola sekolah formal? Pengelola SD, SMP, SMA? Pemilik-pemilik yayasan pendidikan atau lembaga-lembaga pendidikan? Sadarkah kalian terhadap apa yang selama ini telah kalian lakukan? Sadarkah hei para pendidik? Sadarkah hei para pejabat dinas pendidikan? Kalian sudah menanamkan benih-benih kebusukan pada generasi penerus bangsa ini!

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun