Sekarang posisi arca tersebut memang agak “tenang” setelah diamankan pemerintah daerah dengan membangun pagar di sekelilingnya. Upaya pengamanan cagar budaya ini memang agak terlambat karena situs ini telanjur rusak. (baca: Situs Silurah Telah Berubah)
Intinya, ancaman benda-benda purbakala dari oleh tangan-tangan jahir akan terus terjadi jika tidak ada upaya pengamanan yang memadai. Peran masyarakat di sekitar lokasi situs sangat dibutuhkan. Mereka sesungguhnya bisa menjadi “pengawas” jika pencuri datang lagi. Seperti yang pernah terjadi, pencurian berhasil digagalkan berkat laporan warga.
Sebagai peninggalan jaman purbakala, patung Ganesa memiliki pesan-pesan sejarah, meskipun sampai saat kajian tentang Ganesa di Batang masih sepi. Belum banyak data yang terkuak tentang situs ini.
Prasasti Canggal sebagai bukti sejarah Indonesia yang dibuat pada tahun 732 M atas perintah Raja Sanjaya menyebutkan bahwa “di Pulau Jawa yang masyhur ada seorang raja bernama “Sanna” atau Mahasanna (Sanna yang agung), yang memerintah rakyatnya dengan adil dalam waktu yang lama. Mahassana kemudian berubah menjadi Mahasin, yang kini dikenal dengan sebutan Masin, sebuah desa di Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang.
Pada tahun 684 M Mahasin digempur oleh Sriwijaya. Senna bersama dengan putra mahkotanya lari selatan mendirikan padepokan di Desa Silurah, ditandai dengan adanya situs misterius dengan patung Ganesya dan peninggalan purbakala bercorak Hindu lainnya, sedangkan Sanjaya sebagai putra mahkota diungsikan ke daerah gunung Merapi. Itulah penjelasan yang dikutip situs pemerintah setempat, www.batang.go.id.
Ganesa dikenal sebagai salah salah satu dewa terkenal dalam agama Hindu dan sering digambarkan berkepala gajah, berlengan empat dan berbadan gemuk. Ia dikenal pula dengan nama Ganapati, Winayaka dan Pilleyar. Dalam tradisi pewayangan, ia disebut Bhatara Gana, dan dianggap merupakan salah satu putera Bhatara Guru (Siwa). Berbagai sekte dalam agama Hindu memujanya tanpa memedulikan golongan. Pemujaan terhadap Ganesa amat luas hingga menjalar ke umat Jaina, Buddha, dan di luar India (Wikipedia).
Terkait dengan patung Ganesa di Batang memang belum ada penjelasan yang signifikan. Masyarakat masih penasaran, ada sejarah apa sesungguhnya di balik situs purbakala itu. Dan untuk menyibaknya perlu ada penelitian yang mendalam. Pertanyaannya, adakah ilmuwan yang tertarik menelitinya?