Di era digital ini , dunia dapat terhubung secara global. Berbagai pemahaman, presektif dan komunikasi yang dilakukan oleh khalayak atau masyarakat luas menjadi sangat krusial. Untuk itu, riset khalayak, riset komunikasi massa dan riset pemuka mendapat sangat penting  untuk mengetahui kompleksitas masyarakat dan memastikan bahwa informasi yang yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
- Riset Khalayak : Mengetahui Kecenderungan dan Preferensi
Riset khalayak adalah pendekatan yang digunakan untuk mencari data tentang khalayak. Riset khalayak ini dapat membantu kita untuk mengetahui preferensi dan persepsi masyakat terhadap suatu media dan informasi. Ini bisa membantu untuk merancang atau memberikan informasi yang sesuai kepada masyarakat. Â
Data yang di cari pada riset khalayak dapat dikelompok ke dalam Audience Profil, digunakan untuk mengetahui preferensi informasi khalayak. Media Eporsure digunakan untuk mengetahui seberapa sering penggunaan media massa oleh khalayak. Audience rating , digunakan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap media massa dan informasi yang terima dan Efek Media yang merupakan penelitian yang digunakan utnuk mengetahui sejauh mana media massa dan penyampaian pesan dapat mempengaruhi khalayak dalam berpikir.
- Riset Komunikasi Massa: Dinamika Informasi Diera Digital
Riset komunikasi massa memfokuskan pada cara infomasi disampaikan melalui media massa dan bagaimana informasi tersebut diterima oleh khalayak, riset ini mencakup berbagai platfrom seperti  televisi, radio, media cetak, dan lebih baru, media daring.
Dalam konteks riset komunikasi massa ini , penting untuk memahami informasi yang disampaikan dan bagaimana informasi tersebut diterima oleh masyarakat. Seperti berita palsu, Â riset komuikasi membantu untuk mengungkapkan dinamika dibalik informasi yang disampaikan dan dampaknya terhadap opini publik.
- Riset Pemuka Pendapat: Ketuatan Opini Dalam Orang Tertentu
Riset pemuka pendapat berkaitan dengan padangan dan opini tokoh-tokoh kunci informasi dalam masyarakat. Tokoh-tokoh kunci infomasi dalam Masyarakat tersebut merupakan orang-orang yang familiar atau akrab terhadap sistem kemasyarakatan. Pada riset pemuka pendapat ini dapat membantu kita memahami kekuatan pengaruh orang-orang tertentu dan bagaimana mereka dapat memengaruhi pandangan masyarakat secara keseluruhan.
Ketiga riset tersebut dapat membangun fondasi untuk memahami khalayak secara luas. Dengan melibatkan riset khalayak untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan, riset komuikasi massa untuk memahami konteks informasi, dan riset pemuka pendapat untuk memahami pengaruh kekuatan opini orang-orang tertentu dalam Masyarakat.
Dengan ketiga riset tersebut juga kita dapat memahami kompleksitas interaksi masyarakat dan meresponnya dengan solusi yang lebih baik dan mengetahui keberagaman informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.