Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Urgensi Digitalisasi UMKM bagi Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi COVID-19

16 Juni 2022   16:12 Diperbarui: 16 Juni 2022   16:16 375 0
Kegiatan berbelanja sudah menjadi hal yang lazim dilakukan semua orang. Mulai dari berbelanja kebutuhan primer hingga kebutuhan tersier. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kegiatan berbelanja dan transaksi secara konvensional mulai mengalami pergeseran menjadi serba digital. Era modernisasi di negara berkembang membutuhkan kerjasama antara ahli ekonomi dan antropologi. Aspek sosial budaya yang tidak terlepas dari persoalan ekonomi harus diperhatikan oleh para ahli ekonomi. Segala bentuk penyimpangan dan kendala dapat diperoleh dari ahli antropologi melalui pendekatan formalis kepada ahli ekonomi dengan kerjasama secara implisit (Hudayanq, 2013). Modernisasi dan pergeseran budaya berbelanja yang terjadi di masyarakat juga didukung dengan kehadiran pandemi COVID-19. Hal ini dapat dilihat melalui kebijakan pemerintah yang membatasi kegiatan masyarakat dan menjadi faktor utama yang menyebabkan masifnya kegiatan berbelanja secara digital. Oleh karena itu, transformasi digital harus segera dilakukan oleh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai salah satu unit usaha penopang kegiatan perekonomian Indonesia khususnya bagi masyarakat menengah ke bawah.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun