Muhammad Ardell Taqi Riyanto, Pandu Kusuma Wardana, Nabila Chairul dan Astri A.Hapsara
Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara
Di balik hiruk-pikuk kehidupan kota, terdapat sekelompok anak-anak yang menghadapi tantangan hidup lebih berat daripada kebanyakan dari kita. Mereka adalah anak-anak Panti Asuhan, yang meski tak memiliki kehangatan keluarga, tetap memiliki impian dan harapan yang besar. Salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh mereka adalah motivasi untuk belajar. Motivasi belajar adalah dorongan yang  dapat mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Menurut Winkel (Emeralda & Kristiana, 2018), motivasi belajar adalah faktor psikologis yang penting dalam keberhasilan akademis.
Namun, kondisi anak-anak Panti Asuhan yang kekurangan rasa hangat dari orang tua dan berada dalam kondisi keuangan terbatas membuat mereka sering menghadapi berbagai masalah, seperti kurangnya minat dan kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Pengurus panti mengungkapkan bahwa rendahnya motivasi belajar disebabkan oleh kurangnya pemahaman akan pentingnya pendidikan serta minimnya dukungan dan bimbingan dari pengasuh. Kelompok mahasiswa Fakultas Psikologi menyulut semangat belajar di kalangan anak-anak ini melalui berbagai program dan pendekatan yang inovatif. Hal ini dilakukan guna meningkatkan motivasi belajar dari anak-anak panti asuhan yang nanti akan berguna sebagai bekal masa depan mereka.
Membangun Relasi dan Kepercayaan
Langkah pertama yang dilakukan adalah membangun hubungan personal dengan anak-anak. Kelompok mahasiswa tidak langsung memberikan materi belajar, tetapi terlebih dahulu mendengarkan cerita dan keluhan mereka. Melalui sesi-sesi berbincang santai, mereka berusaha memahami apa yang menjadi penghalang bagi anak-anak untuk belajar dengan baik.
Dari interaksi tersebut, terungkap bahwa banyak anak-anak yang merasa kurang percaya diri dan tidak yakin dengan kemampuan mereka. Dengan memberikan perhatian dan dukungan secara konsisten, anak-anak mulai merasa dihargai dan didengarkan. Hal ini menjadi modal penting dalam upaya meningkatkan motivasi belajar mereka.
Pendekatan Kreatif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar
Setelah hubungan yang baik terbangun, kelompok mahasiswa mulai menerapkan pendekatan edukatif yang menyenangkan. Kelompok mahasiswa merancang tiga program utama yang menggunakan metode pembelajaran kreatif: mind mapping, flashcard, dan teka-teki silang (TTS). Ketiga metode ini dipilih karena mampu membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan interaktif.
1.Mind Mapping
Teknik ini membantu anak-anak memahami materi dengan cara yang lebih visual dan terstruktur. Anak-anak diajak untuk membuat peta pikiran yang berisi informasi tentang topik tertentu. Ini tidak hanya membantu mereka mengingat informasi dengan lebih baik, tetapi juga merangsang kreativitas.
2.Flashcard
Flashcard digunakan untuk memperkenalkan konsep-konsep baru melalui gambar dan teks. Metode ini membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan interaktif. Anak-anak diminta untuk menebak gambar dan kata-kata yang ada pada kartu, yang kemudian dijelaskan oleh kelompok mahasiswa.
3.Teka-teki Silang (TTS)
TTS digunakan sebagai alat untuk meningkatkan semangat belajar melalui aspek kompetisi yang sehat. Permainan ini tidak hanya menantang anak-anak secara intelektual, tetapi juga memicu rasa ingin tahu mereka.
Hasil Pelaksanaan Program
Program ini berlangsung selama beberapa minggu dengan hasil yang sangat signifikan. Sebelum program dimulai, dilakukan pre-test untuk mengukur tingkat motivasi belajar anak-anak. Setelah program berjalan, dilakukan post-test untuk mengevaluasi perubahan motivasi belajar.
Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan pada motivasi belajar anak-anak. Pada subjek laki-laki berusia 10 tahun yang awalnya mengalami kesulitan dalam belajar, menunjukkan peningkatan persentase motivasi dari 37,04% menjadi 77,78%. Sementara itu, subjek perempuan berusia 11 tahun yang juga mengalami masalah serupa, menunjukkan peningkatan dari 55,56% menjadi 94,07%.
Metode ini terbukti efektif karena anak-anak lebih antusias dan motivasi belajarnya semakin tinggi ketika belajar melalui aktivitas yang menyenangkan. Keseluruhan program ini tidak hanya bertujuan meningkatkan prestasi akademik, tetapi juga membangun karakter dan kepercayaan diri anak-anak. Dengan semangat belajar yang menyala, mereka diharapkan mampu meraih masa depan yang lebih cerah.
Kesimpulan dan Implikasi
Program yang dirancang oleh kelompok mahasiswa ini berhasil meningkatkan motivasi belajar anak-anak di panti asuhan. Dengan menggunakan pendekatan kreatif seperti mind mapping, flashcard, dan TTS, anak-anak tidak hanya lebih termotivasi untuk belajar tetapi juga menikmati proses pembelajaran. Program ini menunjukkan bahwa dengan metode yang tepat, tantangan dalam pendidikan dapat diatasi.
Pentingnya memahami motivasi belajar anak menjadi semakin jelas dalam konteks pendidikan modern. Dengan meningkatnya stres dan distraksi, peran pendidik dalam memotivasi siswa menjadi krusial. Program ini memberikan contoh konkret bahwa pendekatan kreatif dapat membuat perbedaan signifikan dalam motivasi dan prestasi akademik anak-anak, terutama mereka yang berada dalam kondisi kurang menguntungkan.
Harapan Masa Depan
Melalui program ini, diharapkan anak-anak di panti asuhan akan terus mengembangkan potensi mereka dan siap menghadapi tantangan masa depan dengan lebih baik. Program ini juga diharapkan dapat menjadi model bagi institusi lain dalam upaya meningkatkan motivasi belajar anak-anak, sehingga mereka dapat meraih impian dan sukses di masa depan.
Membangkitkan motivasi belajar anak-anak panti asuhan adalah tugas yang tidak mudah, namun sangat mulia. Melalui pendekatan yang empatik, edukatif, dan inspiratif, kita dapat membantu mereka untuk percaya pada diri sendiri dan meraih impian mereka. Semoga upaya-upaya seperti ini terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi masa depan anak-anak Indonesia.
Artikel ini diharapkan dapat menginspirasi banyak orang untuk ikut serta dalam gerakan sosial yang bermanfaat bagi anak-anak panti asuhan. Setiap dukungan, sekecil apapun, bisa memberikan perubahan besar bagi mereka.
References
Afiah, N., Purwati, R., & Casta, C. (2021). Optimalisasi Flashcard untuk Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan di Pendidikan Dasar. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 3(4), 232-251.
Emeralda, G. N., & Kristiana, I. F. (2018). Hubungan antara dukungan sosial Orang Tua dengan motivasi belajar pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Empati, 6(3), 154-159.
Sulichah, E. (2018). Efektivitas model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar ipa ditinjau dari motivasi belajar siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 71-77.
Ulfiah, Z., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penerapan Permainan Edukatif Teka Teki Silang Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 403-410.