Mulai 10 Agustus kemarin, Yahoo! bersama dengan Koprol-nya telah memulai campaign besar dengan tema “New to Net” di Indonesia (dengan perkiraan 25,4 jutapengguna Internet saat ini). Campaign ini bertujuan untuk mengajak lebih banyak orang di Indonesia menjadi pengguna Internet (dan Koprol tentunya). Campaign “New to Net” ini menggunakan simbolisasi pintu ungu, yaitu merepresentasikan bagaimana Internet membuka pintu ke dunia dengan kesempatan yang tak terbatas. Saya (@padmanegara) berkesempatan hadir dalam
Media Conference Yahoo! Indonesia, Selasa (10/08), yang bertempat di Buddha Bar, Menteng. Di acara tersebut Yahoo! yang diwakili oleh
Pontus Sonnerstedt,
Country Manager, Yahoo! Indonesia dan
Satya Witoelar,
Co-Founder Koprol, membeberkan rencana besar Yahoo! Indonesia dengan kampanye New to Net. Di tempat tsb, saya juga bertemu dengan blogger lainnya,yaitu
Aulia (@aulia) dan
Pitra (@anakcerdas) yang sempat berdiskusi tentang geliat Koprol setelah diakuisisi oleh Yahoo! (sayang
Rama,
@rampok, berhalangan hadir).
Pertumbuhan pengguna Internet Ada yang menarik mengenai data pertumbuhan pengguna internet yang dirilis oleh Yahoo! & TNS (berdasarkan hasil riset di 8 kota), dimana mencatat sebuah lonjakan dari 22% (2009) ke 48% (2010) dari para pengguna yang mengakses Internet melalui telepon genggam, dan juga peningkatan dari 16% (2009) ke 25% (2010) dari pengguna yang mengakses dari rumah. Sedangkan untuk pengguna Internet dari Warnet mengalami penurunan dari 83% (2009) ke 64% (2010). Lebih detail, lihat grafik dibawah ini, Studi Yahoo! dan TNS, mengemukakan bahwa warung Internet telah secara bertahap kehilangan posisinya dimana sekarang
smart phone menjadi pilihan pengakses Internet dimana harga yang sudah sangat terjangkau dan pilihan biaya yang murah. (mungkin sudah sulit dihitung ada berapa jumlah handphone yang murmer tapi bisa Online all in one?! :P) Disamping itu, pertumbuhan Internet yang cukup signifikan terjadi di luar Jakarta, bahkan terdapat 3 kota yang pertumbuhan internetnya mengalami peningkatan drastis, yaitu Semarang, Palembang, dan Makassar. Dari kota tersebut, studi menunjukkan bahwa pertumbuhan pengguna internet tersebut berasal dari peningkatan
mobile internet access, Dilihat dari tersebut, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi salah satu pasar Internet yang berkembang dengan cepat.
Campaign Yahoo! Indonesia dan Koprol Yahoo! Indonesia yang saat ini sudah meluncurkan
Yahoo! OMG, Yahoo Pulse,
Yahoo Mim, dan beberapa fitur baru pada Yahoo! Messenger, kembali meluncurkan beberapa konten yang akan mendukung kampanyenya, diantaranya
Yahoo! Fantasi Sepak Bola,
Yahoo! Ramadhan Mubarak, dan
Yahoo! Travel. Selain itu, kampanye ini akan pula didukung oleh beberapa aktivasi, diantaranya kompetisi online serta tur di beberapa universitas dan beberapa promosi
off-line. Begitu pula dengan
Koprol, setelah diakuisisi Yahoo!, Koprol mengalami peningkatan dari segi user, aplikasi, dan sistem. Jika teman-teman yang menggunakan Foursquare, pasti ketika check-in di suatu tempat pernah menemukan tempat yang sama lebih dari satu, bahkan lebih dari 10, duplikasi seperti ini sangat minim terjadi di Koprol. Di koprol, terdapat
kurator yang bertugas untuk memverifikasi ketika ada tempat baru, apakah itu benar atau hanya duplikasi.
Kurator berhak untuk accept atau reject tempat tersebut. Kurator ini adalah super user yang diangkat dan dipercaya oleh Koprol untuk melakukan tugas verifikasi. Koprol, pada kampanye ini mengumumkan bahwa akan ada aplikasi baru untuk mobile phone yang menggunakan Java, disamping itu user akan menemukan lebih banyak new places, dan new friends di Koprol. Menurut Satya Witoelar, “
Internet akan lebih banyak memainkan sebuah bagian yang penting dalam kehidupan orang-orang Indonesia baik di ruang kelas, lingkungan kerja serta kehidupan sosial mereka. Internet adalah tentang pemberdayaan dan kemampuan untuk memiliki akses ke informasi merupakan salah satu hal hebat di semua lapisan masyarakat kita”
Yahoo! beriklan di TV Yang sangat menarik dari kampanye ini adalah Yahoo! dan Koprol akan menggunakan TVC (TV Commercial) Ad / Iklan di TV. Kampanye Yahoo! dalam bentuk iklan TV di Indonesia merupakan yang kedua di Asia Tenggara. Pertama kali, bentuk publikasi ini dilakukan di Vietnam. Berikut adalah screenshot dari TVC yang akan mulai tayang Minggu ini, Selain melalui televisi, Yahoo! juga akan menerbitkan
microsite khusus (
http://id.yahoo.com/pintu_ungu, bisa diakses setelah 16 Agustus) ***
KEMBALI KE ARTIKEL