Mohon tunggu...
KOMENTAR
Catatan

Negeri Jargon

25 April 2014   01:19 Diperbarui: 23 Juni 2015   23:14 51 1
Negeri Jargon, pernah gak berurusan sama kantor pajak, pengalaman gue:

Nomor NPWP saya tercatat atas nama kota A. karena KTP gue disana, eh gue beli rumah di kota B dan tukar KTP kebetulan E-KTP jadi ngurus surat pindah deh. agar data saya rapi, pengen dong no NPWP tercatat di kota B dimana kita tinggal karna tiap bayar PBB di kota B , disebutkan gak punya NPWP. Saya datangin kantor pajak pratama kota B. ke Petugasnya bilang, karna KTP saya sudah di sini, saya mau no NPWP nya terdaftar disini. Sipetugas  nanya surat indah dari Kota A mana. wah nyebelin juga, tapi okelah,masuk akal juga harus ada prosedur, saya  sengaja cuti buat urus ini. tapi nota bene urusanya gagal. Buat ngurus surat ke kota A sudah gak mungkin. Besoknya pas masuk kerja coba nyari di internet,  ada tulisan bilang ngurus pajak hanya telpon ke online ini. Wah bagus nih , gak perlu susah. Saya coba call dijawab, pak bapak cuma perlu down load dokumen pindah alamat, lampirkan foto copy KTP kota B dan lampirkan no NPWP sekarang yg terdaftar di Kota A. lalu isi form tersebut 2 rangkap,  kirim ke Kantor Pajak Pratama Kota A. Saya tanya habis itu apa? di bilang otomatis kantor pajak kota A akan mengubah data dan mengirim berkas ke kantor pajak Kota B,  dan kapan saya ambil, dijawab gak perlu susah2 pak. Kantor pajak kota B akan mengirim ke alamat bapak kartu NPWP yang baru..proses 5 hari kerja wow.saya menyesali betapa bodohnya saya yah hari gini masih pakai datang2 kekantor padahal bisa cari info online dan main kirim aja. dg semangat saya kerjain, soalnya saya pengen administrasi kaya gini rapi, karena disuatu saat diperlukan, bakal repot dan gak mau ada masalah..ok saya kirim lewat pos... 1 hari..2 hari.. 3 hari.. 4 hari 5 hari.. seminggu.. 2 minggu, setiap surat yg datang saya berharap itu dari kantor pajak.. ternyata hanya tagihan kartu kredit bahkan ketika sebuah surat yg datang merupakan hadiah berbentuk voucher yg lumayan pun saya gak seneng, saya mulai kesal saya harap surat dari kantor Pajak. sebulan.. 2,3 4,5 6 bulan frustasi deh.

Sampailah waktu pelaporan pajak bulan Maret 2014, saya melaporkan dengan no pajak lama, nah ini nih kesempatan, karena orang pajak buka lapak di lobby kantor saya. saya tanya, masalah saya gini saya mau no NPWP saya tercatat di kota saya tinggal. sang pegawai pajak dengan elegan menerangkan, bapak datang ke kantor pajak Kota A, lalu minta form pindah dan lampirkan foto copy KTP kota B dan Fotocopy NPWP. Artinya ini adalah bentuk lain dari form yg saya download tapi kali ini saya datang.  Nah saya kebagian cuti. karna posisi kota A dan B berjarak 30 -40 km dgn macet saya sampai di kantor pajak kota A, minta form ke satpam, setelah selesai isi form saya tanya habis ini apa? Satpamnya bilang maaf  mas untuk urusan NPWP kita dibatasin 200 orang perhari...dan ini sudah 200. pala saya langusng puyeng... untuk cuti aja itu udah susah.. dan kejadiannya begini. lalu gimana pak? dataang besok lagi ajah. kurang ajar,,, akhirnya saya nekad datangin loket A tempat ngurus kartu NPWP.. duduk agak jauh dari petugas saya ngomong aja dari situ keras2. Bukannya saya gak tau aturan yah kenapa ngurus gini susah amat. Saya hanya mau pindahin No NPWP dan itu tercatat di kota saya sekarang..

Seorang petugas nemuin saya dan ngajak saya kedalam. ditemuin ke ibuk2, dan saya ngomong masalah saya. Siibuk bilang fotocopy KTP bapak dan NPWP trus bawa ke loket A..oh my god.. saya bahkan gak kebagian kartu antri karna hanya terbatas 200 perhari.  Akhirnya saya tunggu sampai orang habis.. kemudian ngomong dengan semangat yg udah gak ada.  Sama petugas Saya bilang katanya bisa dengan download form di internet trus kirim kesini otomatis di proses.  Si petugas loket A bilang, teorinya sih gitu pak tapi saya juga bingung... WTF!!! negeri jargon gak jelas.. nah sekarang saya sudah datang kesini saya butuh surat pengantar kalo saya pindah dari sini.. dia bilang baik data bapak saya simpan, trus kapan selesainya, di jawab kira2 seminggu ... hahhhh??? cuma surat pengantar seminggu.????  bapak telp aja dulu ke nomor ini biar tahu suratnya sudah selesai apa belum... ampun, ..kok masih begini?? saya hanya bisa mengurut dada, kapan lagi saya bisa kesini. Saya hanya ingin admistrasi pribadi saya rapi. mungkin akan lebih enak saya gak usah bayar pajak aja. walaupun kita juga suka kecewa entah pajak kita diapain . Cuma jadi sedih, negeri indah ini. diurus sama orang2 yg gak kapabel. Ini hanya sebagian kecil contoh berurusan dengan institusi pemerintah, dan saya sedang tidak meminjam uang, atau mintak santunan dibiayai, saya mau bayar pajak yg rapi.  Mudah mudahan saya bisa ambil surat pengantar pindah dan di kota sekarang saya tinggal itu urusannya lancar.. cuma jadi pesimis.  Gak bisa bayangin gimana dengan urusan ke pemerintah yg bersangkutan kebutuhan kita? .

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun