Berawal dari program CSR Merck yang menawarkan dana bagi 5 penggagas ide terbaik. Penggagas ide boleh perorangan ataupun organisasi. Tak kurang dari 300 proposal diterima Merck. Dipilihnya 5 pemenang dari 10 besar finalis yang proposalnya dianggap 'layak', yaitu: @IDberkebun, @akademiberbagi, @yatimonline, @balebengong dan @idcerita. Kelima pemenang ini berhak mendapatkan dana pengembangan masing-masing sebesar 20 juta.
Mengikuti perkembangan kelima pemenang yang memang menggunakan media sosial twitter dan facebook untuk segala gagasannya sangatlah menarik. @IDberkebun mengajak masyarakat menghijaukan kota dengan mengajak mereka berkebun memanfaatkan lahan-lahan kosong yang terbengkalai. Memberikan kelas gratis untuk masyarakat umum adalah konsep @akademiberbagi dalam mencerdaskan masyarakat. Kelas dengan beragam 'mata kuliah' yang berbeda setiap minggunya, dibuka untuk umum. Walaupun gratis namun kelas ini tetap sangat layak untuk untuk dihadiri. Guru-gurunya merupakan para praktisi yang kompeten dibidangnya dan memberikan ilmu dengan gratis..tis. Saya pun termasuk murid yang rajin ikut kelas @akademiberbagi. Lain lagi dengan @yatimonline yang mempunyai tujuan menjadikan anak-anak yatim sebagai subyek, bukan obyek. Tak kurang dari 50 anak yatim kini berada dalam program pengembangan @yatimonline. Dari Bali, sebuah wadah jurnalistik @balebengong mengajak masyarakat Bali untuk mendapatkan haknya, yaitu mendapatkan informasi. Dan @IDbercerita merupakan penggagas ide yang paling unik. Komunitas Indonesia yang berbasis di Surabaya ini terus memasyarakatkan penggunaan podcast (mp3) untuk menyebarluaskan cerita-cerita pendidikan anak. Masyarakat umum kini bisa mendongengkan anaknya dengan mendownload berbagai cerita yang sarat akan edukasi.
Mendengarkan cerita bagaimana kelima pemenang penggagas ide Aksi Klik Hati memulai usahanya dari awal, sungguh sangat inspiratif. Pemanfaatan media sosial facebook dan twitter sangatlah maksimal. Mereka berjuang melalui 140 karakter demi masyarakat dan terutama bangsa yang lebih baik. Twitter menjadi sarana kampanye yang lebih mudah dan aktual. Feedback lebih cepat diterima dan kegiatan berbagi menjadi lebih mudah.
Dua finalis @akademiberbagi dan @idcerita akhirnya ditetapkan sebagai The Most Two Inspiring Movement Aksi Klik Hati dan masing-masing berhak mendapatkan (lagi) dana pengembangan masing-masing 40 juta rupiah. Sungguh pun saya dari @PicnicHolic hanya masuk 10 besar finalis, namun saya ikut bangga akan para pemenang. Mereka, para Pahlawan Dunia Maya memang layak mendapatkan award. Memberikan secercah harapan akan nasib bangsa ini. Memberikan optimisme bahwa masih banyak anak bangsa yang semangat untuk tetap berjuang membuat perubahan yang lebih baik. Tidak dengan demo ataupun komplain, tetapi dengan tindakan nyata yang hasilnya langsung bisa dirasakan oleh masyarakat. Selamat untuk Pahlawan angkatan digital