Guru mata pelajaran yang mengikuti kegiatan pelatihan K-13 ini adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, PenjasOrkes, Pkn dan BK. terlihat banyak kekurangan dalam penyusunan RPP yang kemudian dikoreksi. Untuk menindak lanjuti kegiatan ini Instruktur memutarkan vidio kegiatan pembelajaran yang kemudian diamati kekurangan dalam proses belajar itu. beberapa kritikan yang kemudian di ungkapkan oleh peserta, salah satunya dikemukakan oleh Drs. Kandacong Melle mengemukakan bahwa guru terlalu sering melakukan pertanyaan korps yang memacu siswa untuk menjawab secara beramai-ramai yang berdampak kurang efektif dikarenakan sulit mengidentifikasi siswa yang belum selesai mengerjakan lembar kerjanya, dan kurangnya pembahasan kesimpulan secara bersama antar guru dan siswa dalam vidio pembelajaran.
tujuan sebenarnya dalam kegiatan IN-2 ini adalah memantapkan pemahaman guru-guru dalam memahami K-13 yang selama ini mereka lakukan berdasarkan pengamatan instruktur pada kegiatan ON 1 di sekolah mereka masing-masing, sehingga perubahan pola pikir guru terhadap K-13 yang masih belum dipahami dan dianggap kurang dapat diperbaiki dan dipermantap khususnya RPP yang dirancang dan pelaksanaannya bisa lebih baik lagi dari sebelumnya. (Inb.)