Hasil penilaian harus memberikan hasil yang   dapat   diterima   oleh   semua   pihak, pesertadidik,  sekolah,  masyarakat,  maupun pemerintah. Ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan oleh guru dalam melakukan penilaian yaitu menyusun perangkat tes yang standar Perangkat  yang dimaksud  meliputi  kisi-kisi  soal,  soal,  kunci jawaban  beserta  rubrik  penilaiannya. Soal  tes yang  baik  disusun  berdasarkan  kisi-kisi  yang ada. Kisi-kisi  (test  blue-print  atau  table  of specification)   didefinisikan   sebagai   matrik informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis  dan  merakit  soal  menjadi  tes.  Tujuan penyusunannya  adalah  untuk  menentukan ruang  lingkup  dan  tekanan  penilaian  yang setepat-tepatnya,   sehingga   dapat  menjadi petunjuk   dalam   menulis   soal.
KEMBALI KE ARTIKEL