Di tengah perkembangannya, film di Indonesia memiliki kesesuaian pada berbagai macam fenomena-fenomena yang banyak terjadi di masyarakat. Salah satunya adalah seperti film-film yang menyajikan sebuah pesan-pesan kehidupan yang terinspirasi dari kejadian atau fenomena di masyarakat. Selain itu, dengan menonton film penonton seolah ikut masuk kedalam cerita film tersebut sehingga penonton dapat turut serta merasakan kisah cerita pada film, yang dengan pengertian lain dapat menimbulkan rangsangan emosional penonton.
Makna atau pesan-pesan yang terkandung didalam film dapat mempengaruhi, mengubah serta membentuk karakter penontonnya atas kandungan pesan-pesan didalamnya. Dengan potensi atau kemampuan yang dimiliki oleh film dalam menjangkau banyak penonton, membuat para ahli percaya bahwa selain sebagai media untuk menyampaikan pesan, film juga dapat mempengaruhi penontonnya.
Apa itu efek komunikasi massa? Berdasarkan kutipan dari buku Pengantar Ilmu Komunikasi: Pendekatan Kritis dan Komprehensif; Yasir 2020. Menurut Straubhaar, efek komunikasi massa itu sendiri ialah sebuah perubahan pada pengetahuan, sikap, perasaan atau perilaku individu maupun kelompok setelah mengkonsumsi media massa. Berikut adalah efek-efek komunikasi massa yang terjadi dalam film "Kukira Kau Rumah" :