Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Isu-Isu Sosial-Emosional di Sekolah Dasar: Bullying, Masalah Disiplin, dan Interaksi Sosial di Kelas

19 Januari 2025   11:44 Diperbarui: 19 Januari 2025   11:44 17 0
Isu-Isu Sosial-Emosional di Sekolah Dasar: Bullying, Masalah Disiplin, dan Interaksi Sosial di Kelas

Sekolah dasar adalah masa kritis dalam pembentukan perkembangan sosial dan emosional anak. Pada tahap ini, anak-anak mulai mempelajari bagaimana menjalin hubungan sosial, mengelola emosi, dan memahami aturan sosial. Namun, berbagai isu sosial-emosional dapat muncul yang memengaruhi proses belajar dan perkembangan mereka. Tiga isu yang sering ditemukan di sekolah dasar adalah bullying, masalah disiplin, dan kesulitan dalam interaksi sosial di kelas.

1. Bullying

Bullying adalah salah satu isu sosial-emosional paling umum dan berbahaya di sekolah dasar. Bullying mencakup perilaku agresif yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan menyakiti orang lain, baik secara fisik, verbal, maupun sosial.

a. Bentuk Bullying

Fisik: Memukul, mendorong, atau melakukan kekerasan fisik lainnya.

Verbal: Mengejek, menghina, atau menggunakan kata-kata kasar.

Sosial: Mengisolasi seseorang dari kelompok atau menyebarkan rumor.

Cyberbullying: Menggunakan teknologi digital untuk mengancam, menghina, atau menyebarkan informasi negatif tentang seseorang.

b. Dampak Bullying

Korban: Merasakan ketakutan, rendah diri, stres, atau bahkan depresi. Dalam jangka panjang, ini dapat memengaruhi kepercayaan diri dan kemampuan sosial mereka.

Pelaku: Anak-anak yang sering melakukan bullying cenderung memiliki masalah perilaku dan kesulitan dalam menjalin hubungan sehat di masa depan.

Lingkungan Sekolah: Bullying menciptakan suasana tidak aman yang dapat mengganggu proses belajar mengajar.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun