Mohon tunggu...
KOMENTAR
Kebijakan Pilihan

Tanggapan Dirut Operasi KAI Commuter, Terkait Masalah Kenaikan Tarif dan Pemasangan Water Station

13 September 2024   08:53 Diperbarui: 13 September 2024   08:57 60 4

Kamis, 12 September 2024, Stasiun Rawa Buaya. Broer Rizal Dirut KAI Commuter Jawab pertanyaan mengenai isu kenaikan tarif KRL Jabodetabek dan penambahan water station yang terkhusus pada stasiun-stasiun besar.


Fasilitas Water Station


KCI, Kereta Commuter Indonesia terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat dengan beragam upaya dan cara, salah satunya pemasangan water station di beberapa Stasiun besar di Jakarta.


Jika kita cermati Langkah dan keputusan yang diambil oleh pihak KCI bukan hanya menaikan segi pelayanan akan tetapi mendukung keberlanjutan lingkungan.


Karena dengan tersedianya water station ini tanpa disadari adalah sebuah langkah kongkrit kepada masyarakat untuk selalu kemana-mana membawa tumbler atau botol minum dan mengurangi membeli air minuman dalam kemasan sekali pakai.

Belum lama ini kita saksikan di beberapa postingan gambar di media sosial yang mengabarkan bahwa Indonesia menjadi negara penyumbang sampah terbesar ke dua setelah China.

Salah satu dampak buruk jika kita masih masif menggunakan air minum dalam kemasan adalah sampah plastiknya yang susah terurai, mengutip dari liputan kompas.com sepanjang tahun 2022-2023 Indonesia menghasilkan 12,54 juta ton sampah plastik.

Tidak terbayang bukan jika penggunaan sampah plastik tidak segera direm dan dialihkan dengan masifnya penggunaan tumbler.

Broer Rizal bersama pihaknya mengatakan, sepanjang tahun 2024 telah memasang kurang lebih tujuh belas (17) water station di stasiun-stasiun kereta commuter Indonesia. dan akan terus menambah hingga target 34 water station yang terkhusus pada stasiun-stasiun dengan volume penumpang yang cukup tinggi.

Berikut beberapa nama stasiun yang sudah terpasang water station, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Juanda, Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Bekasi.

Water station ini seperti dispenser rumah yang menyediakan air panas dan air dingin dan air bersuhu normal. Rizal juga menyatakan bahwa timnya sudah menjamin mutu dan kualitas air di water station layak diminum, nantinya penumpang yang haus dan ingin mengisi ulang botol airnya tinggal menepi dan mengisinya di water station yang tesedia tanpa dipungut biaya.


KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun