Teori pembelajaran sendiri didefinisikan sebagai metode yang menggambarkan bagaimana seseorang melakukan proses belajar. Teori pembelajaran merupakan dasar mengembangkan model yang akan digunakan. Adapun pengertian dari belajar menurut Ernest R. Hilgard adalah kegiatan atau proses yang dilakukan secara sengaja dan menimbulkan perubahan atas keadaan sebelumnya. Beberapa karakteristik teori belajar pembelajaran, yaitu: Pertama, Teori pembelajaran membicarakan tentang prinsip-prinsip yang dipakai untuk memecahkan masalah praktis di dalam pembelajaran. Kedua, Teori pembelajaran bersifat preskriptif, dan Ketiga, Berusaha merumuskan cara-cara untuk membuat orang dapat belajar dengan baik. Proses pembelajaran yang meliputi bermakna, berguna, konsektual, berpusat pada peserta didik, dan model pembelajaran. Penerapan dalam pembelajaran proses belajar secara dangkal atau melakukan proses belajar secara mendalam, maka dapat dilakukan melalui pemberian tugas kepada mereka untuk dianalisis. Misalnya mahasiswa diberikan tugas untuk melakukan kritikal review tentang sebuah artikel, maka di bawah artikel tersebut harus disertakan dengan beberapa pertanyaan yang bervariasi mulai dari pertanyaan sederhana tentang apa konsep, tema dan sub tema dari artikel tersebut, sampai dengan bagaimana posisi dan pandangan penulis terhadap persoalan yang diangkat dalam artikel tersebut.
KEMBALI KE ARTIKEL