Mohon tunggu...
KOMENTAR
Money Pilihan

Menjadi Beda

18 Juli 2014   07:05 Diperbarui: 18 Juni 2015   06:00 90 1

Sudah beberapa pekan ini saya berkutat dengan netbook guna menyusun buku pertama saya. Tema buku ini kebetulan bukan hal yang baru, sudah banyak yang menerbitkan buku dengan tema ini. Dan tampaknya belum ada yang menjadi buku laris.

Agar manfaatnya dirasakan masyarakat luas dan ada keuntungan signifikan untuk menambah penghasilan penulis dan penerbit, maka buku itu harus terjual secara signifikan. Agar laris di pasar, maka sejak awal buku itu harus dibuat dengan mempertimbangkan pasar dan pemasaran.

Terkait dengan pemasaran itulah saya teringat dengan sosok Hermawan Kartajaya. Saya pertama mengenalnya akhir tahun 2007, saat masih menjadi editor akuisisi di sebuah penerbit di Jakarta. Saya mengenalnya sebagai penulis buku tentang ilmu pemasaran (marketing) lewat bukunya yang mempunyai tag line “Kitab Suci Marketing”. Karena waktu itu belum membacanya dan juga belum sanggup membelinya, saya tidak ingat apa judul bukunya waktu itu. Satu yang teringat, Hermawan adalah pakar marketing. Karena itulah, ketika pada pameran buku di Istora pada awal 2014 yang lalu saya menjumpai beberapa buku Hermawan yang didiskon, saya langsung membelinya. Kebetulan buku Hermawan yang ada saat itu adalah 5 dari 9 buku seri elemen marketing, yaitu on Differentiation, on Positioning, on Targeting, on Segmentation, dan on Process. Empat seri lainnya, yaitu on Brand, on Service, on Marketing Mix, dan on Selling, tidak ada. Maklum, buku-buku itu pertama kali diterbitkan pada tahun 2004, sepuluh tahun yang lalu.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun