Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ruang Kelas

Peningkatan Keterampilan Menulis Data dan Fakta Teks Laporan Hasil Observasi Menggunakan Problem Based Learning

28 September 2024   08:10 Diperbarui: 28 September 2024   08:11 12 0
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis data dan fakta dalam laporan hasil observasi siswa kelas VIII C SMPN 16 Yogyakarta dengan menggunakan model Problem-Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengevaluasi efektivitas PBL dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Model PBL diterapkan melalui beberapa siklus, di mana masing-masing siklus melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I, skor rata-rata keterampilan menulis siswa mencapai 72,25%. Setelah penerapan model PBL dalam siklus II, skor rata-rata meningkat menjadi 86,59%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model PBL efektif dalam mengembangkan keterampilan menulis data dan fakta pada laporan hasil observasi. Penerapan PBL memungkinkan siswa untuk berkolaborasi dalam memecahkan masalah, menganalisis data secara kritis, dan mengaitkan teori dengan praktik, sehingga memperbaiki kualitas tulisan mereka. Model PBL terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa secara signifikan dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan interaktif. 

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun