Bank merupakan salah satu sektor yang menjadi kepercayaan sebagian besar masyarakat Indonesia dalam menempatkan dananya. Adanya revolusi industry 4.0 yang telah diangkat sejak tahun 2015 mengharuskan kondisi perkembangan digital, termasuk pada sektor perbankan. Sektor perbankan di Indonesia telah mengalami transformasi yang signifikan dengan munculnya teknologi digital. Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia telah menyaksikan transformasi yang signifikan dalam industri perbankannya, dengan kemunculan perbankan digital yang menjadi pusat perhatian. Perbankan digital, yang juga dikenal sebagai Fintech, telah merevolusi cara layanan perbankan yang diberikan kepada nasabah seperti cara baru dalam mengelola keuangan nasabah, menawarkan kenyamanan, keamanan, dan berbagai layanan lainnya. Menurut Abdurrahman,
et al. (2024), kapabilitas dinamis telah memainkan peran penting dalam mendorong transformasi dan inovasi digital di perbankan. Kapabilitas dinamis ini mengacu pada kemampuan bank untuk beradaptasi, belajar, dan berevolusi dalam menanggapi perubahan lanskap teknologi digital. Transformasi digital membutuhkan berbagai kemampuan dan inovasi untuk manajemen yang efektif, mengurangi risiko kegagalan, dan pada akhirnya mendorong kesuksesan (Abdurrahman,
 et al. 2024).
KEMBALI KE ARTIKEL