Pendidikan berlangsung melalui proses belajar mengajar guru dan siswa. Orang yang sedang belajar mengalami perubahan  sikap dan perilaku agar menjadi lebih baik Keberhasilan  proses belajar mengajar dapat dilihat dari hasil belajar  siswa, karena hasil belajar sering kali dijadikan  tolak ukur sejauh mana penguasaan materi yang  diajarkan. Hasil belajar yang tinggi merupakan dambaan setiap orang baik siswa, orang tua, maupun  sekolah, namun pada kenyataannya banyak tantangan untuk mencapai hasil belajar yang tinggi dan tantangan yang dihadapi setiap siswa  berbeda-beda. Selain itu, faktor eksternal yang tidak kalah pentingnya dalam mempengaruhi hasil belajar adalah lingkungan belajar. Lingkungan belajar terbagi menjadi dua bagian, yaitu lingkungan fisik atau tempat peserta didik belajar, baik tempat belajar yang nyaman, pengap, rapi, bising, dan lingkungan sosial yang berupa lingkungan permainan masuk Lingkungan teman sebaya dan kelompok belajar.
KEMBALI KE ARTIKEL