RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Â
Satuan Pendidikan    :   SD Negeri Tegaldatar
Kelas/Semester       : V/1
Tema                :   3. Makanan Sehat
Sub tema            :   1. Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan?
 Mupel               : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke- Â Â Â Â : Â Â 2
Waktu               : 2 x 35 menit
KOMPETENSI INTI
KI-1 Â : Â Â Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 Â : Â Â Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI-3 Â : Â Â Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI-4 Â : Â Â Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
- KOMPETENSI DASAR
- Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.4
Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik.
3.4.1  Mengelompokkan   unsur-unsur iklan  media cetak (C4).
4.4
Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual.
4.4.1  Menyusun  kata kunci  iklan media cetak (C4).
Â
Â
Muatan : IPA
Â
No
Kompetensi
Indikator
3.3
Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia.
3.3.1  Menganalisis     organ-organ pencernaan pada manusia (C4).
4.3
Menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia.
4.3.1 Membuat  model organ pencernaan manusia (C6).
Â
Â
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Dengan membaca teks, siswa dapat mengelompokkan  unsur-unsur yang terdapat pada iklan.
- Dengan mengamati tayangan iklan, siswa dapat menyusun kata kunci yang terdapat pada iklan.
- Melalui tayangan video pembelajaran dari youtube https://youtu.be/rwgUxUx0TN0 tentang proses pencernaan dalam tubuh manusia, siswa mampu menganalisis organ-organ pencernaan pada manusia.
- Melalui kegiatan pengamatan, siswa dapat membuat model organ pada sistem pencernaan manusia.
MATERI PEMBELAJARAN
- Informasi dalam iklan
- Sistem pencernaan pada manusia
PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN
- Pendekatan   : Saintifik
- Strategi       : Cooperative Scirpt
- Metode       : Ceramah, penugasan (on line dan off line), eksplorasi, dan
- Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Demonstrasi
- SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
- Sumber :
Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Revisi 2019) Kurikulum 2013, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019).
Buku Siswa Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 (Buku Tematik Terpadu Revisi 2019) Kurikulum 2013, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019).
Alat dan Media :
- Video pembelajaran dari : https://youtu.be/rwgUxUx0TN0
- Gambar iklan
- PPT, laptop, proyektor
- Buku gambar/karton, pencil warna
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Â
- Kegiatan
- Deskripsi Kegiatan
- Alokasi Waktu
- Pendahuluan
Salam dan berdoa sebelum belajar
Menyanyikan lagu wajib nasional Halo -- Halo Bandung sebagai motivasi siswa untuk menumbuhkan semangat nasionalisme.
Guru mengaitkan materi pembelajaran dengan informasi dalam iklan dari apa yang sering dilihat dalam keseharian peserta didik.
- 10 menit
- Kegiatan Inti
Guru meminta siswa membaca teks mengenai informasi dalam iklan (mengamati).
Siswa   mengamati    gambar iklan yang ditayangkan
Dengan bimbingan guru, secara berkelompok siswa melakukan identifikasi dan mengelompokkan unsur-unsur iklan (berdiskusi).
Siswa diminta menuliskan kata kunci dari iklan yang sudah diamati (mencoba).
Model Cooperative Script :
Guru meminta siswa untuk mengamati tayangan video yang ditampilkan dalam layar proyektor
Setelah mengamati tayangan video, siswa diminta untuk meringkas isi video tersebut
Dengan arahan guru siswa secara berpasangan maju ke depan kelas untuk membacakan ringkasan video yang telah tonton
Salah seorang siswa berperan sebagai pembaca dan yang lainnya mendengarkan.
Setelah salah satu siswa membacakan ringkasan dari video yang ditonton, siswa lainnya menanggapi dengan menganalisis organ-organ pencernaan manusia.
Selanjutnya siswa yang berperan sebagai pembaca menjadi pendengar dan menganalisis organ-organ pencernaan manusia.
- Â
Dengan arahan guru, siswa menggambar model proses pencernaan manusia menggunakan kertas karton/buku gambar yang telah dipersiapkan sebelumnya, mewarnai, dan menuliskan keterangan dengan tulisan yang menarik (mencoba).
Beberapa peserta didik (yang ditunjuk) diminta untuk mempresentasikan gambar sistem pencernaan manusia yang sudah dibuatnya (mengomunikasikan)
Pada akhir kegiatan, siswa diminta untuk mengerjakan soal  latihan.
- 50 menit
- Kegiatan Penutup
Refleksi kegiatan yang telah dilakukan
Guru meminta siswa yang belum mengerti untuk bertanya kembali
Guru Bersama siswa melakukan kesimpulan kegiatan pembelajaran hari ini
Salam dan do'a penutup.
- 10 menit
Â
PENILAIAN
- Penilaian Sikap
- Instrumen Penilaian   : Rasa ingin tahu, kecermatan, ketekunan, dan  ketelitian
Tingkatan Kriteria     : SB = Sangat Baik; B = Baik; C = Cukup;
 PB = Perlu Bimbingan
Format Penilaian :
 Â