Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk mengantarkan anak didik menuju kepada proses kedewasaan dalam berbagai aspek. Strategi pembelajaran moral sangat diperlukan karena banyaknya perilaku moral dikalangan siswa seperti membolos, mencontek ketika ujian atau ulangan harian, berkelahi antar teman. Berangkat dari permasalahan yang muncul di lingkup siswa ini terbentuklah salah satu upaya yakni membentuk religiusitas yang baik dengan komitmen beragama yang kuat dimana guru harus memiliki tujuan bukan hanya untuk mentransfer ilmu tetapi juga untuk mendidik melalui impentasi nilai-nilai agama. Pengajaran pendidikan agama itu sendiri memiliki tujuan yakni sebagai upaya membentuk kualitas internal sebagai pendorong peserta didik berperilaku moral. pendidikan agama pada peserta didik menjadi sangat penting dalam menemukan identitas diri. Melalui pendidikan agama peserta didik terbantu dalam membuat suatu komitmen bukan merupakan hasil usahanya sendiri tetapi mengambil dari orang lain biasanya dari orang tua dan keluarga, yaitu melalui contoh nyata atau pendekatan keteladanan.
KEMBALI KE ARTIKEL