Memilih karir merupakan salah satu hal terpenting dalam siklus hidup manusia. Karena keputusan yang diambil saat ini berdampak pada kesuksesan karier di masa depan, maka penelitian sebelumnya telah menganalisis dampak pilihan karier dari perspektif faktor tradisional, seperti: kepribadian. Faktor eksternal seperti orang tua, kelompok teman, faktor keuangan Di antara faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan, faktor kepribadian terbukti memainkan peran penting. Hal ini sesuai denga penelitian Agus yang menunjukkan bahwa faktor kepribadian mempengaruhi hingga 71% proses pengambilan keputusan karir (Halim, 2024).
Kelompok generasi yang saat ini siap memasuki dunia kerja adalah Generasi Z, yaitu mereka yang lahir antara pertengahan tahun 1997 hingga 2012. Generasi Z saat ini berusia antara 8 hingga 23 tahun dan akan menjadi generasi termuda yang memasuki dunia pada tahun-tahun mendatang.
Generasi Z memiliki karakteristik unik yang membedakan mereka dari generasi sebelumnya dalam hal pola pikir, nilai, dan preferensi karier. Apalagi media sosial telah menjadi bagian terpenting dalam kehidupan mereka. bekerja dengan berbagai jenis informasi, termasuk informasi yang memengaruhi pilihan karier Media sosial memiliki berbagai jenis konten terkait karier, termasuk testimoni para ahli, informasi tentang dunia kerja, dan nasihat karier. (Wicaksana & Adhiningtyas, 2020).
Penelitian yang menggabungkan pengaruh tradisional dan sosial media terhadap pemilihan karier generasi Z masih langka, Jika pun ada pengaruh media sosial pada pemilihan karier Gen Z, masih menjadi perdebatan di kalangan para ahli. Media sosial memiliki peran yang signifikan dalam membantu mahasiswa menentukan masa depan kariernya sementara hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa faktor tradisional dapat menjadi pengaruh yang lebih besar terhadap keputusan karier daripada media sosial. Terdapat penelitian yang hampir serupa namun tidak menggunakan variabel kepribadian, hasil Penelitian Hanifah dan Wardono menunjukkan bahwa media sosial juga mempengaruhi preferensi pemilihan karier Generasi Z sebagai variabel intervening. (Yulianti, Ar-Roufu, & dkk, 2024).
Berdasarkan fenomena gap dan research gap yang telah dijelaskan di atas, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tipe kepribadian yang mempengaruhi preferensi pemilihan karier Generasi Z dengan media sosial sebagai variabel intervening agar dapat memberikan pemahaman tentang hubungan antar variabel (Wahyuni, 2016).
maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut, maka pertanyaan penelitian sebagai berikut:
- Adakah pengaruh antara tipe kepribadian dengan pemilihan karier generasi Z?
- Adakah pengaruh antara penggunaan media sosial dengan pemilihan karier generasi Z?
- Apakah penggunaan media sosial memediasi pengaruh tipe kepribadian terhadap pemilihan karier gen Z?
 Dengan rumusan masalah sebagai berikut:
- Terdapat pengaruh antara tipe kepribadian dengan pemilihan karier generasi Z
- Terdapat pengaruh antara penggunaan media sosial dengan pemilihan karier generasi Z
- Penggunaan Media sosial memediasi pengaruh tipe kepribadian terhadap pemilihan karier gen Z
DAFTAR PUSTAKA
Halim, H. (2024, Juni). Analisis Kepribadian Yang Mempengaruhi Pemilihan Karier Generasi Z. KREATIF, 43-55.
Wahyuni, N. S. (2016). Asesment Psikologi Interview.
Wicaksana, S., & Adhiningtyas, N. P. (2020). Gambaran Calon Tenaga Kerja Gen Z. provitae jurnal psikologi pendidikan, 13, 24-43.
Yulianti, Ar-Roufu, T. M., & dkk. (2024, April). Implementasi Tes Untuk Mengenal Kepribadian Diri. Menara Ilmu, 18.