Mohon tunggu...
KOMENTAR
Cerpen Pilihan

Cerpen: Dilanda Dilema

4 Juni 2024   08:18 Diperbarui: 4 Juni 2024   08:38 230 41

Zaki adalah seorang mahasiswa jurusan tata boga. Lelaki itu memiliki dua kepribadian. Siang jadi mahasiswa, malam lain lagi. Zaki berubah kepribadaian tiap malam, tapi tentu saja perubahannya bukan menjadi Zakiyah, melainkan menjadi superhero yang mampu membasmi kejahatan dan siap mengamankan seluruh penjuru kota.

ELRO, begitulah namanya yang populer di tengah masyarakat. ELRO alias Electric Hero, seluruh tubuhnya mengandung aliran listrik. Setiap jam delapan malam, ELRO siap beraksi dan merubah tampilannya dengan kostum baja bernuansa merah abu-abu. Saat ia berubah, saat itulah aliran listrik mulai merasuk ke setiap celah rongga tubuhnya.

Hari itu Zaki dan teman-teman sekelasnya baru saja selesai melaksanakan praktik memasak di kampus. Rika, sahabatnya itu melangkah menghampiri Zaki yang masih membersihkan peralatan memasaknya.

"Semalem aku digangguin sama preman di Jalan Waru, kamu tau ngga Zak... siapa yang nolongin aku?"

"Hah, serius Rik? Untung kamu ngga kenapa-napa." Zaki yang pura-pura terkejut langsung menghentikan sejenak kegiatannya dan memandang wajah Rika.

"Iya, aku nyesel ngga balik dari sore bareng kamu. Eh, kamu tau ngga siapa yang nolongin aku?" Rika pun mengulang pertanyaannya.

Zaki menggeleng, "Ngga tau lah! Siapa emangnya?"

"ELRO. Hahaha.. Dia tuh bener-bener pahlawan banget ya ternyata. Selama ini aku cuma bisa lihat dia di TV. Tiap kali dia habis nyelametin warga dari bahaya, pasti dia muncul di berita."

"Wah, keren dong! Foto bareng ngga?"

Sekejap raut wajah Rika berubah murung, ia pun menggeleng menjawab pertanyaan Zaki. "Ngga kepikir ngajak foto bareng. Aku ajak salaman aja ngga mau. Premannya juga langsung kabur lho, padahal dia belum ngapa-ngapain."

"Ya iyalah! Kata orang-orang kan, dia punya kekuatan listrik. Kalau sampai kepegang tuh preman, ya pasti kesetrum. Hahaha..."

"Oh iya ya, bener juga. Pantesan waktu aku kasih tangan, dia ngga mau salaman. Malah nyatuin kedua telapak tangannya gitu sambil ngangguk. Terus pergi gitu aja. Kirain ngga mau salaman karna bukan muhrim."

"Hahaha. Salaman sama dia, yang ada kamu kesetrum."

Semenjak ditolong ELRO, dari waktu ke waktu Rika terus membahas superhero itu. Rika mengatakan pada Zaki bahwa ia bukan hanya kagum melainkan telah jatuh hati kepada sosok ELRO.

Dalam hati, Zaki merasa kecewa dan cukup sedih. Sahabat yang selama ini diam-diam dicintainya ternyata sangat menyukai sosok ELRO, dan bukan menyukai dirinya yang tampil sebagai Zaki.

Lelaki itu tidak mungkin mengungkapkan jati dirinya kepada Rika. Karena Zaki telah mengikat perjanjian dengan Dewa Listrik untuk tidak pernah mengungkap identitas aslinya kepada seluruh makhluk di muka bumi.

Jika Zaki berani melanggar perjanjian itu, maka kekuatannya akan hilang sepenuhnya. Kini Zaki sungguh merasakan dilema, ia tak tahu jalan mana yang harus dipilihnya.

Pilihan pertama adalah jika ia jujur pada Rika tentang perasaan sekaligus jati dirinya, maka ia akan kehilangan kekuatan untuk menolong banyak orang dan melumpuhkan musuh.

Dan yang ke dua, jika ia tetap memilih diam demi mempertahankan kekuatannya, berarti selama itu juga ia harus terus memendam seluruh perasaanya pada Rika.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun