Proses adaptasi peserta didik SMP dari jenjang pendidikan dasar ke menengah sangat penting karena di tahap ini siswa menghadapi beberapa perubahan seperti lingkungan belajar, tuntutan akademik, serta interaksi sosial yang nantinya akan berdampak pada motivasi belajar dan pencapaian akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model pembelajaran problem-based learning (PBL) untuk meningkatan meningkatkan motivasi belajar dan literasi matematis peserta didik kelas VII-B SMP Negeri 1 Sewon pada materi operasi bilangan. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini didahului dengan penelitian pra-tindakan dengan wawancara dan observasi. Pada proses Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus meliputi dua pertemuan. Subjek penelitian penelitian ini adalah 32 orang siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Sewon. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket motivasi belajar, dan soal tes literasi matematis. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan kriteria keberhasilan lebih dari 70% peserta didik memiliki motivasi belajar dan literasi matematis yang tinggi.