Mohon tunggu...
KOMENTAR
Money

Strategi Toko Kelontong di Era Digital

26 November 2021   00:42 Diperbarui: 28 November 2021   11:46 1484 2
Gambaran Umum

Toko kelontong / warung adalah toko yang menjual berbagai jenis kebutuhan rumah tangga, seperti beras, sabun, deterjen, alat tulis, makanan ringan dan minuman, obat-obatan, peralatan mandi, dll. produk yang dijual di toko kelontong sebenarnya sudah cukup komplit. Saat ini terdapat lebih dari 3,5 juta toko kelontong dan warung kecil yang tersebar di seluruh penjuru tanah air. keberada toko kelontong dan warung lebih dekat kepada komunitas masyarakat, baik di perumahan, perkampungan, dan dijalan-jalan. toko kelontong dan warung biasanya dikelola secara manual dengan menggunakan system manajemen perorangan atau keluarga. 

Toko kelontong dan warung memiliki peran ekonomi kerakyatan yang strategis dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat. namun seiring dengan perkembangannya zaman, lahirlah mini market modern seperti, alfamart dan indomaret tentunya akan mengancam keberlangsungan usaha toko kelontong yang telah eksis lebih dulu di bandingkan dengan mini market modern tersebut. oleh karena itu, perlunya langkah-langkah inovatif bagi pelaku usaha toko kelontong dan warung, untuk tetap bertahan dan bersaing dengan pelaku usaha korporasi. 

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun