Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ruang Kelas

Faktor Penyebab Siswa Sulit Memahami Konsep Pecahan

4 Desember 2024   21:51 Diperbarui: 4 Desember 2024   21:54 29 0
A. Waktu Dan Tempat Penelitian

Kegiatan penelitian yang dilakukan peneliti yaitu dilaksanakan pada hari 9 November 2024.  Sekolah yang dijadikan sebagai tempat penelitian yaitu di salah satu sekolah dasar kota pandeglang, sekolah ini terletak di Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang. Sekolah ini berdiri pada tahun 1937-01-01

B. Metode Penelitian

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan dan memaparkan suatu masalah yang berkaitan dengan topik yang sedang dibahas, untuk memperoleh pemahaman mengenai konteks, makna, persepsi, serta subjek yang diteliti. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah dasar kota pandeglang.

Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dimana wawancara tersebut dilakukan dengan salah satu gurukelas, yaitu guru kelas 5A, dalam kegiatan wawancara peneliti menanyakan beberapa pertanyaan mengenai faktor penyebab mengapa siswa sulit memahami konsep pecahan. Hal ini bertujuan agar peneliti dapat mengetahui penyebab masalah tersebut dari sudut pandang guru kelas tersebut, sedangkan dalam kegiatan observasi, peneliti mengamati proses pembelajaran di kelas, dimana siswa pada saat itu sedang mempelajari materi pelajaran matematika.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun