Pada akhir dasawarsa ini kita sering melihat suatu new normal dalam fenomena masyarakat kita mengenai konsumsi Korean wave yang berdampak positif pada kerja sama hubungan ekonomi Indonesia dan Korea Selatan. Salah satunya adalah broardcast Indonesia, serial Korean-Pop telah memiliki pengaruh besar di Indonesia, seperti yang dilaporkan dalam sebuah artikel di Jakarta Post pada bulan Juli (2011) berjudul Mantra untuk menyebarkan Korean Wave di Indonesia. Sejak superjunior menarik perhatian pemirsa di Indonesia, sejak itu pula Kpop(Koreanpop) lainnya mulai banyak muncul di televisi Indonesia(Veramalla, 2011). Selain itu,menurut pakar analisi branding Yuswohady, dalam studinya mengenai demam KPop yang telah terjadi di Indonesia selama sepuluh tahun terakhir, menunjukkan bahwa bintang KPop saat ini memiliki pasar yang besar dan lalu lintas yang tinggi, hal ini di tandai dengan banyaknya perusahaan - perusahaan besar Indonesia yang mulai mempekerjakan artis dari Korea sebagai brand ambassador mereka di karenakan banyaknya penggemar artis - artis Korea Selatan itu, baik di Indonesia dan juga di negara pengonsumsi produk-produk hiburan Korea Selatan lainnya(Dwi, 2021).
KEMBALI KE ARTIKEL