Pada hakikatnya berwisata merupakan  suatu  proses  kepergian sementara  dari  seseorang  atau  lebih menuju  tempat  lain  diluar  tempat tinggalnya.  Dorongan  kepergiannya adalah  karena  berbagai  kepentingan, baik  karena  kepentingan  ekonomi, social,  kebudayaan,  politik,  agama, kesehatan,  maupun  kepentingan  lain seperti  karena  sekedar  ingin  tahu, menambah pengalaman ataupun untuk belajar. Dengan demikian dapat di  katakan  bahwa  perjalanan  wisata merupakan   suatu   perjalanan   yang dilakukan  oleh   seseorang  atau  lebih dengan   tujuan   antara   lain   untuk mendapatkan kenikmatan dan memenuhi  hasrat  ingin  mengetahui sesuatu. Banyak objek wisata di Indonesia  yang  telah  dikenal  tidak hanya  didalam  negeri  tetapi  juga  di Mancanegara,  oleh  karena  itu  untuk dapat bersaing dalam industri kepariwisataan,  barang  atau  jasa-jasa perusahaan   harus   dapat   dikenal dengan  baik  dan  dipercaya  citranya oleh  masyarakat  pada  umumnya  dan konsumen pada khususnya. Persaingan   dalam   bisnis   hiburan khususnya  pengadaan  tempat  wisata sangatlah   ketat.   Hal   ini   ditandai dengan   banyaknya   tempat-tempat wisata  yang  terdapat  disetiap  daerah dengan  daya  tarik  yang  beragam. Sehingga  dalam  hal  ini  para  pebisnis harus  mampu  melakukan  inovasi  dan kreatifitas agar bisnis yang dijalankan tetap mendapat perhatian dari masyarakat. Dalam memahami perilaku konsumen  tentu  tidak  mudah  karena konsumen   mempunyai   sifat   yang berbeda-beda sebagaimana dari kebutuhan manusia yang tidak terbatas  disamping  dipengaruhi  oleh kondisi  eksternal  dan  iternal  lainnya yang   berakibat   langsung   terhadap prilaku   konsumen.Faktor   eksternal yang  dimaksud  meliputi  kebudayaan, sub  budaya,  kelas  social,  kelompok social,   kelompok   referensi,   dan keluarga.  Sedangkan  factor  internal adalah  faktor  yang  ada  pada  diri konsumen  itu  sendiri  yang  meliputi  : belajar,  kepribadian,  dan  konsep  diri, serta sikap (Stanton,1996:155).  Maka  dari  itu  perusahaan  harus dapat mengendalikan perubahan perilaku  tersebut  dengan  berusaha mengimbanginya, yakni dengan mempengaruhi konsumen dalam membeli produk yang ditawarkan dan melalui evaluasi berkala demi kelangsungan  hidup  perusahaan  itu sendiri.  Karena  tidak  semua  dari objek  wisata  dapat  diminati  oleh sebagian  besar  konsumen  yang  ada. Salah   satu   tempat   wisata   yang beragam  pilihannya  adalah  kabupaten Kampar.
KEMBALI KE ARTIKEL