Menyebarnya virus Covid-19 membawa perubahan yang sangat cepat dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya perubahan perilaku masyarakat terhadap perilaku konsumen. Menurut Ma'ruf (2005) Perilaku konsumen yaitu proses yang terjadi pada konsumen ketika memutuskan untuk membeli, apa yang dibeli, kapan dan bagaimana membelinya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumen adalah proses yang terus menerus (berkesinambungan). Namun dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini mengakibatkan perubahan pada kegiatan perilaku konsumen. Perubahan perilaku tersebut terlihat dari kebiasaan belanja secara online yang bertujuan untuk menghindari terpaparnya virus Covid-19. Dilansir dalam berita CNN Indonesia, “kementrian komunikasi dan informatika (KemenKominfo) mencatat aktivitas belanja online meningkat sampai 400% selama pandemi covid-19. Hal tersebut disampaikan Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) KemenKominfo Ahmad M Ramli dalam rapat bersama Panja Pemulihan Pariwisata di Komisi X DPR, Selasa (7/7)”.
KEMBALI KE ARTIKEL