Selamat membaca...
Revenue management atau manajemen pendapatan adalah suatu usaha pendekatan yang dapat dapat dilakukan agar bisa mengontrol perilaku konsumen demi menghasilkan pendapatan. Industry biasanya menggunakan sistem dalam menganalisis perilaku konsumen, memperkirakan pemintaan para konsumen menyesuaikan persedian dan harga.
Adapun tujuan dari revenue management itu sendiri adalah untuk menyediakan permintaan yang dibutuhkan oleh para konsumen, sehingga perusahaan dapat menjual brang atau jasa yang diperlukan diwaktu yang tepat serta harga yang pas.
Cara kerja dari revenue management itu sendiri itu biasanya perusahaan sering mendapatkan permintaan yang beragam dari para calon konsumen. Dihari libur permintaan ini biasanya tidak stabil, para konsumen juga biasanya memiliki vasian permintaan yang berbeda dari waktu ke waktu sehingga kita yang penyedia jasa/ barang juga harus menyediakan persediaan untuk jangka waktu yang telah ditentukan.
Biasanya ada beberapa titik focus dari revenue management antara lain itu adalah
Segmentasi serta produk yang mungkin akan dibutuhkan oleh para konsumen Â
Pengembangan strategi harga barang yang tepat,sehingga harga yang akan diberikan kepada konsumen juga terjangkau
Penyesuaian persediaan yang memiliki tingkat pencarian yang paling banyak diminati
Pengembangan strategi pemasaran barang yang akan disalurkan kepada calon-calon konsumen
Eksploitasi saluran pemsaran yang tersedia membangun relasi dengan perusahaan lainnya agar lebih mudah mendapat jaringan pemasaran yang tepat.
Nah untuk itu dalam pengelolaan pendapatan ini sebagai penyedia jasa/barang kita juga harus menyediakan persediaan untuk jangka waktu yang telah ditentukan sehingga jika ada konsumen yang mempunyai permintaan maka perusahaan sudah mampu memberikannya. Untuk itu dalam prosesnya kita dapat melihat hasil evaluasi dari data-data yang telah kita rangkum sehingga dapat menjadi panduan agar kita mampu meramalkan permintaan konsumen untuk kedepannya.