Selain banyak dampak positif yang dirasakan, dampak negatif tak luput dari kehadiran gadget terutama pada anak-anak yang kecanduan bermain gadget. Dampak buruk penggunaan gadget pada anak antara lain anak menjadi pribadi tertutup, gangguan tidur, suka menyendiri, perilaku kekerasan, pudarnya kreativitas, dan ancaman cyberbullying. Dengan belajar dan bermain Origami diharapkan dapat membantu meningkatkan kreativitas anak dan mengalihkan ketertarikan anak untuk bermain gadget.
Dalam upaya meningkatkan kreativitas anak-anak, KKN TIM 1 Undip melaksanakan program pelatihan peningkatan kreativitas anak-anak dengan belajar dan bermain melipat kertas khas Jepang (Origami) pada siswa-siswi MI Muhammadiyah Bendungan Desa Mulur.
Naura Hani Ramadhini dari jurusan Bahasa dan Kebudayaan Jepang, sebagai penanggung jawab sekaligus pelaksana program kerja menggunakan poster berisikan gambar mengenai tata cara melipat origami dan memberikan pelatihan pendampingan pada siswa-siswi MI Muhammadiyah Bendungan Desa Mulur.