Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Setiap kali berbicara mengenai kurikulum terlintas mengenai kurikulum yang terus menerus berubah mengikuti perkembangan zaman, mulai dari Kurikulum 1947, Kurikulum 1952 (Rentjana Pelajaran Terurai 1952), Kurikulum 1964 (Rentjana Pendidikan 1964), Kurikulum 1968, Kurikulum Periode 1975, Kurikulum 1984 (Kurikulum 1975 yang disempurnakan), Kurikulum 1994 dan Suplemen Kurikulum 1999, Kurikulum 2004, Kurikulum Periode KTSP, Kurikulum 2013, hingga kurikulum yang saat ini dijalankan yaitu Kurikulum Merdeka. Namun dengan terus terjadinya perubahan ini apakah terlihat pengembangan yang signifikan dari sisi guru atau pendidik dalam menjalankan tugasnya. Dalam proses pembelajaran di sekolah sepertinya masih terlihat pengulangan materi yang sama pada setiap level kelas, jarang adanya  batasan dalam penyampaian materi-materi tertentu sesuai dengan level kelas anak. Maka dari itu sepertinya seorang pendidik perlu memahami kembali peran guru dalam mengembangkan kurikulum, karena kurikulum yang berlaku tidak akan bermakna jika tidak dikembangkan dengan baik.
KEMBALI KE ARTIKEL