Dalam pembelajaran bahasa terdapat empat keterampilan berbahasa (language skills) yang menjadi sasaran pokok, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan menyimak dan berbicara dikategorikan dalam keterampilan berbahasa lisan, sedangkan keterampilan membaca dan menulis dikategorikan dalam keterampilan berbahasa tulis.
Tujuan Aspek Keterampilan Menyimak, Berbicara,Membaca dan Menulis.
a.tujuan menyimak:
Menyimak untuk belajar di mana orang tersebut bertujuan agar ia dapat     memperoleh pengetahuan dari bahan ujaran sang pembicara.
Menyimak untuk mengevaluasi, orang menyimak dengan maksud agar ia dapat menilai apa-apa yang dia simak (baik-buruk, indah-jelek, logis-tidak logis, dan lain-lain).
Menyimak untuk mengapresiasi, orang yang menyimak dapat menikmati serta menghargai apa yang disimaknya (misalnya pembacaan puisi, musik, atau masih banyak lainnya).
Menyimak untuk mengkomunikasikan ide-ide di mana orang yang
menyimak bermaksud agar ia dapat mengkomunikasikan ide-ide, gagasan, atau perasaan kepada orang lain dengan lancar.
b.tujuan berbicara
 bahwa tujuan berbicara ialah untuk:
Memberitahukan sesuatu kepada pendengar Meyakinkan atau mempengaruhi pendengar
Menghibur pendengar
Untuk berkomunikasi
Memberitahukan atau melaporkan informasi kepada penerima informasi
c.tujuan membaca
Tujuan membaca antara lain:
kesenangan
menyempurnakan membaca nyaring;
menggunakan strategi tertentu;
memperbarui suatu pengetahuan tentang topik;
mengaitkan informasi baru dengan informasi yang telah diketahui;
memperoleh informasi untuk laporan lisan atau tertulis
d.tujuan menulis
 "Tujuan menulis adalah;
tulisan untuk memberitahukan atau mengabarkan disebut
tulisan yang bertujuan menghibur atau menyenangkan atau yang mengandung tujuan estetik
tulisan yang bertujuan untuk meyakinkan atau mendesak
tulisan yang mengekspresikan perasaan dan emosi yang kuat dan  berapi-api.
Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Keterampilan Menyimak, Berbicara, Membaca dan Menulis Keterampilan berbahasa terdiri atas 4 aspek, yakni keterampilan mendeng