Banyak hal berubah ketika Internet dapat digunakan oleh umum. Salah satu perubahannya terlihat dari semakin banyak sektor swasta yang menggunakan internet. Perkembangan teknologi komunikasi massa menjadi semakin canggih, sehingga informasi dapat berpindah dengan sangat cepat karena media komunikasi baru yaitu Internet sebagai media
online. Media
online dapat diakses secara leluasa, tanpa batas, dimanapun, siapapun dan kapanpun dalam penyebaran informasinya. Dewasa ini masyarakat tidak hanya membutuhkan informasi yang aktual, menarik dan akurat saja, namun juga kecepatan. Media massa yang mampu memediasi kebutuhan tersebut adalah media
online, sebelumnya masyarakat mulai mengenal keberadaan
news di Internet, yang dikenal sengan sebutan portal berita. Kini masyarakat mulai mempertimbangkan keberadaan bisnis
online. Maraknya bisnis
online yang berkembang saat ini membuat banyak pihak berlomba-lomba untuk ikut berpartisipasi. Hal ini terlihat dari penggunaan beberapa
social media sebagai sarana untuk berjualan
online, seperti
facebook yang digunakan sebagai media
online shopping. Kostumer hanya perlu membuka
facebook dan memilih barang yang diminati, selanjutnya setelah pembayaran dikonfirmasi barang akan langsung dikirim. Kostumer tidak perlu repot-repot mengunjungi beberapa tempat untuk mencari barang yang mereka inginkan. Kemudahan seperti ini yang membuat perkembangan bisnis
online semakin marak. Dapat dilihat sekarang banyak bermunculan penjualan voucher-voucher yang memberikan potongan harga dengan sangat miring. Bisnis seperti ini dikenal dengan sebutan
daily deals, seperti
DealKeren, Lapar, Hemat, dan sebagainya. Dalam bisnis
online ini, kostumer dapat membeli barang dengan potongan harga hingga 90%. Di samping perkembangan
daily deals yang terus bermunculan, ada juga bisnis
online yang sedang marak yaitu
marketplace. Dengan
marketplace, kostumer dapat berbelanja tanpa perlu mendatangi mall.
Marketplace menyediakan kebutuhan berbelanja dengan kemudahan, dengan konsep yang kurang lebih sama seperti
daily deals. Beberapa
marketplace yang sedang berkembang di Indonesia antara lain,
Rakuten, Krazymarket, Bhineka, dan sebagainya. Perkembangan
daily deals dan
marketplace ini juga ditunjang dengan munculnya aggregator yang semakin memudahkan kostumer. Kostumer dapat melihat promo-promo yang ditawarkan oleh
daily deals dan
marketplace cukup dengan membuka satu website. Aggregator ini merupakan kumpulan-kumpulan dari
daily deals dan
marketplace, seperti
DealGoing (
http://id.dealgoing.com/).
DealGoing berusaha memenuhi kebutuhan para kostumernya dengan menyajikan sebanyak-banyaknya deals dari berbagai
daily deals. Saat ini
DealGoing juga meluncurkan menu baru bernama
shopping mall, dimana dalam menu ini terdapat kumpulan-kumpulan
marketplace. Kostumer hanya perlu mengunjungi satu website untuk mendapatkan kemudahan berbelanja. Dengan banyaknya kemunculan bisnis
online dewasa ini, dapat dilihat perkembangannya beberapa tahun ke depan. Mungkin selanjutnya semua dapat dilakukan hanya dengan
"click" saja.
KEMBALI KE ARTIKEL