Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ruang Kelas

Pengaruh Review "Tasya Farasya Approved" dalam Tingkat Pembelian Produk Kosmetik pada Generasi Z

4 Desember 2024   21:23 Diperbarui: 4 Desember 2024   21:54 27 0
Pada era digital, pengaruh teknologi yang semakin berkembang disertai kemajuan internet memudahkan semua orang dalam mengakses berbagai aplikasi terutama media sosial. Terdapat dua media sosial yang sedang marak digunakan oleh Generasi Z yaitu, Instagram dan TikTok. Pengguna Instagram di Indonesia telah mencapai 100,9 juta orang di awal tahun 2024 dan persentase pengguna didominasi oleh perempuan, yaitu sebanyak 54,5%, sementara laki-laki sebesar 45,5%. Sementara itu data pengguna TikTok di Indonesia pada awal 2024 juga menunjukkan angka yang tinggi, yaitu sebesar 126,8 juta pengguna. Namun terdapat perbedaan persentase gender pada penggunaan aplikasi ini, yang dimana lebih didominasi oleh laki-laki 53,5%, dan perempuan sebanyak 46,5 % (Kemp, 2024). Kedua media sosial ini sudah seperti aplikasi wajib yang ter-install di handphone para Generasi Z. Instagram dan TikTok memberikan kemudahan bagi penggunanya karena dapat diakses dimanapun dan kapanpun dengan hanya bermodalkan kuota atau internet. Selain itu, terdapat beberapa fitur yang menarik di dalam Instagram seperti fitur berbagi foto dan video, Instagram story, reels, dan sebagainya. Sedangkan, di aplikasi TikTok terdapat fitur berbagi video pendek dan online shop. Dampak dari kehadiran aplikasi tersebut juga ikut melahirkan berbagai influencer yang bekerja di macam-macam bidang, seperti fashion, makanan, kesehatan, make up, otomotif, skincare, dan sebagainya. Kehadiran  influencer tidak hanya berperan sebagai promotor untuk mempromosikan suatu brand, tetapi juga memberikan dampak yang besar dalam mempengaruhi keputusan dan peningkatan pembelian produk kosmetik.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun