Pendidikan merupakan proses perkembangan diri, proses yang di lakukan akan membuahkan hasil. pendidikan tidak hanya berfokus pada proses kepintaran akan tetapi, pendidikan mengasah kemampuan emosional diri. Respon terhadap lingkungan menjadikan pendidikan lengkap dan mencapai puncak tertinggi dari yang dicita-citakan. Tugas utama dari seorang terdidik adalah respon yang baik terhadap lingkungan, sosial, politik dan khususnya kejadian-kejadian yang ada dalam masyarakat. Siapa yang tergolong orang yang berpendidikan, umum kita ketahui bahwa pendidikan tertinggi adalah mahasiswa. Mahasiswa merupakan seorang terpelajar dari puncak tertinggi dari seluruh proses pendidikan. Tugas dan fungsi mahasiswa yang selalu di orasikan oleh kaum intelek adalah mahasiswa sebagai agent perubahan, sebagai sosial control. Apakah semua ini sejalan dengan citra mahasiswa pada hakikatnya, bercerminlah, tanyakan pada diri masing-masing. Dalam melihat situasi seperti ini pengelolaan pendidikan perlu adanya evaluasi yang pengelolah sejauh mana hasil-hasil tujuan pendidikan yang sebenarnya.Â
KEMBALI KE ARTIKEL