Mereka adalah karyawan di hotel tersebut. Setelah mengucapkan salam dan meminta izin mereka lalu bertanya, "maaf pak, apakah ada masukan untuk hotel kami? Kamarnya, makanannya, toiletnya, kebersihannya, dan yang lainnya."
Si wanita memfoto saya dan laki-laki mencatat masukan-masukan saya. Mungkin ini sebagai bukti otentik kepada atasannya. Saya bilang, "Kamarnya bagus, toilet wangi, kasur bersih, sedikit saja nasi gorengnya terlalu pedas buat saya"
"Baik pak, terima kasih masukannya. Apakah masih ada yang lainnya? Bilangnya sambil tersenyum.
Hotel ini agak unik buat saya. Ketika orang selesai makan langsung piring kotornya diambil oleh petugas yang sudah stand by. Mungkin biar bersih mejanya dan masih bisa digunakan untuk bincang bincang santai.
*
Hotel adalah salah satu bisnis jasa yang tentu berorientasi kepada kepuasan pelanggan. Jika pelanggan puas mereka akan kembali datang atau minimal cerita kepada teman. Ketika tamu datang artinya hotel butuh karyawan, tukang masak, loundry, cleaning service dan seterusnya.