Suatu cara untuk menciptakan suasana positif di lingkungan sekolah memiliki hubungan yang sangat erat dengan lingkungan sek0lah karena lingkungan sekolah sebagai tempat peserta didik belajar harus dapat menghadirkan suasana yang kondusif, aman, nyaman dan menyenangkan agar peserta didik merasa betah untuk belajar berlama-lama di sekolah tanpa rasa tertekan dan merasa kurang nyaman. Penciptaan suasana kondusif, aman, nyaman dan menyenangkan dapat dilakukan oleh pendidik melalui keteladanan terkait kedisiplinan, memulai pembelajaran dengan kesepakatan atau kontrak belajar, memberikan kesempatan yang sama dalam berpendapat dan dalam memberikan pelayanan serta selalu berusaha memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, potensi dan kebutuhan peserta didik agar peserta didik senang dan bahagia dalam belajar tanpa ada keterpaksaan dan tekanan mental. Â Menciptakan suasana positif berhubungan erat dengan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik karena suasana yang positif akan dapat mendorong dan memotivasi peserta didik untuk belajar tanpa disuruh (dengan kesadaran sendiri) dan disiplin tanpa ditakut-takuti dan diancam oleh pihak mana pun baik guru maupun komunitas yang ada dlingkungan sekolah tersebut.
KEMBALI KE ARTIKEL