pada portal e-commerce yang menerapkan advertising model, revenue atau pendapatan diperoleh melalui pemasangan iklan dari customer, site conten, dan service draw hits, pemasangan banners ataupun link ke customer (baik web site perusahaan ataupun website individu).
yang paling banyak diterapkan dan dapat dilakukan dalam e-business maupun e-commerce khususnya untuk meraup pendapatan yaitu :
- advertising revenue model. business model jenis ini adalah pemilik situs e-commerce atau pelaku e-business akan mendapatkan revenue dari pemasangan iklan di situs web oleh client-clientnya. contoh situs ini antara lain Yahoo.com
- Subscription revenue model. dalam hal ini, revenue didapatkan dari biaya keanggotaan atau subscription untuk suatu service, misalnya layanan berita, informasi, atau premium email. Contoh situs ini adalah Nationalgeographic.com, email dari Yahoo Platinum service.
- Transaction fee revenue model. Business model jenis ini banyak yang menerapkan. Pada business model ini, pelaku bisnis akan mendapatkan fee dari setiap transaksi yang dilakukan. contoh business model jenis ini adalah e-banking, atau electronic brokerage, electronis stock exchange, electronic travel agent, online auction system. contoh situs ini adalah e-bay.com, e-trade.com
- Sales revenue model. Business model jenis ini mengandalkan proses jual beli menggunakan teknologi web, oleh karenannya business model ini paling banyak diterapkan. contohnya adalah online web store. contoh situs ini adalah Amazon.com