Prinsip yang menjadi kunci daripada rencana pariwisata berkelanjutan di pulau Lombok NTB yaitu:
SOSIAL:Meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan melestarikan budaya setempat.
LINGKUNGAN:Mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan.
EKONOMI:Meningkatkan pendapatan ekonomi untuk bisnis dan masyarakat.
Adapun strategi pengembangannya yakni:
-menyetir keberlanjutan dan pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh.
-melestarikan lingkungan dan mengelola salah satu aset pariwisata utama di Indonesia.
-menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan.
Dan juga pendeketan yang digunakan pariwisata berkelanjutan dalam pembangunan nasional ini tidak hanya secara ekonomi saja,namun dilihat juga dari sisi holistiknya,seperti:
-Posisi geografis pulau lombok.
-Penduduk dan sumber daya manusianya.
-Destinasi pariwisata
-Produk pariwisata
*keragaman sumber daya alam.
*pantai
*keberlimpahan kehidupan laut.
*alam yang murni                    *kekayaan seni budaya                         -Daya tarik wisata                              -Sterategi pemasaran pariwisata: a. Lombok perlu memiliki konsep pemasaran wilayah yang dapat diadopsi oleh semua pengusaha pariwisata, berupa sebuah brand image yang mewakili pariwisata Lombok dan menjadi identitas seluruh produk yang ditawarkan.