Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Sejarah Teori Gagne dan Implikasinya dalam Pendidikan

5 November 2023   21:27 Diperbarui: 5 November 2023   21:35 252 1
Robert Gagné adalah seorang psikolog dan pendidik Amerika yang terkenal karena kontribusinya dalam bidang teori belajar. Teori belajar Gagné menekankan pentingnya merencanakan pengajaran secara sistematis dan berfokus pada pengembangan kemampuan kognitif siswa. Teori ini berfokus pada bagaimana siswa memproses informasi dan mengembangkan keterampilan. Pengembangan Teori: Robert Gagné mulai mengembangkan teorinya pada tahun 1965 dalam bukunya yang berjudul "Conditions of Learning." Teori ini mengidentifikasi berbagai tahapan dalam proses belajar, dan Gagné mengusulkan bahwa setiap tahapan tersebut memerlukan pendekatan pengajaran yang berbeda. Gagné mengelompokkan pembelajaran ke dalam lima domain yang berbeda, yaitu Domain Keterampilan Intelektual (Intellectual Skills), Domain Keterampilan Motorik (Motor Skills), Domain Sikap (Attitude), Domain Informasi Verbal (Verbal Information), Domain Strategi Kognitif (Cognitive Strategies).

Robert Gagné juga memperkenalkan konsep isyarat (cues) dan respon (responses) dalam teorinya. Isyarat adalah informasi yang diberikan kepada siswa untuk memulai proses belajar, sedangkan respon adalah tanggapan yang diharapkan dari siswa setelah pengajaran. Teori Gagné menekankan bahwa keterampilan yang lebih kompleks biasanya memerlukan pembelajaran dari keterampilan yang lebih dasar. Gagné mengembangkan hierarki keterampilan yang memandu pengajaran dari tingkat yang paling sederhana hingga yang paling kompleks. Selain itu, teori Gagné telah digunakan dalam pengembangan kurikulum dan perencanaan pengajaran di berbagai konteks pendidikan. Pendekatan ini membantu guru dan perancang kurikulum untuk merancang pengajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif siswa.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun