Identitas BukuÂ
Judul Buku       : Statistika Untuk Psikologi dan Pendidikan
Pengarang Buku  : Dr. Tedjo N. Reksoatmodjo, S.T, M.Pd.
Penerbit Buku    : PT. Refika Aditama
Kota Terbit       : Bandung
Tahun Terbit     : Cetakan Pertama (2007)
                    Cetakan Kedua (2009)
Panjang Buku     : 24 cm
Tebal Buku       : 234 Halaman
ISBN Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 979-1073-29-5
Sinopsis Buku
Pendidikan merupakan sesuatu hal yang mutlak diperlukan bagi setiap orang. Dalam dunia pendidikan, sering kali diperlukan suatu metode tersendiri terutama yang berkaitan dengan psikologi, statistika salah satunya. Statistika merupakan suatu kumpulan teori dan metodologi yang digunakan untuk menganalisis bukti-bukti numerik guna menetapkan suatu metode dari beberapa alternatif.Â
Pemilihan bentuk penyajian lazimnya disesuaikan dengan cara pengolah data. Dengan menggunakan data yang diperoleh, diharapkan dapat diterapkan metode yang cocok untuk pembelajaran Psikologi dan Pendidikan.
Di dalam buku ini terdapat beberapa pendapat tentang pengertian statistika. Dari pendapat tersebut diperoleh pengertian bahwa, statistika adalah sebuah ilmu terapan yang digunakan sebagai sarana pengambilan keputusan jika tidak terdapat cukup bukti atau informasi untuk pengambilan keputusan.
Statistika adalah bahasa yang sangat universal dalam dunia bisnis maupun kehidupan sehari – hari masyarakat dunia. Dengan berkembangnya era globalisasi yang semakin pesat, statistika pun ikut mengalami perkembangan dalam hal pengolahan data agar menjadi lebih mudah untuk dipahami oleh para penggunanya.Â
Di antara perkembangan dalam dunia statistika adalah munculnya program-program komputer untuk memudahkan mengolah data, di antaranya adalah Excel, SPSS, Eviews, Minitab, SEM, PLSPM, dan lain – lain.
Resensi Buku
Buku statistika untuk Psikologi dan Pendidikan ini merupakan penyemputaan dari buku diktat statistika sebelumnya. Disadur dari beberapa buku referensi dan disiapkan untuk materi perkuliahan dari Fakultas Psikologi Universitas Jendral Achmad Yani (UNJANI), namun dapat pula dipakai untuk ilmi – ilmu sosial lainnya termasuk pendidikan.
Buku statistika ini disiapkan untuk perkuliahan dengan bobot empat SKS. Materi yang disajikan terdiri dari 12 bab, yang dimulai dari pengenalan konsep – konsep dasar statistika dilanjutkan tentang bagaimana cara pengumpulan data serta penyajian data, adapun dijelaskan ukuran letak dan variasi data, teori distributor, tentang estimasi dalam statistika, ada pula pengujian hipotesis, analisis varians (versi 1 & 2), analasis regresi dan korelasi, tentang statistika non-parametik, metode korelasi khusus, serta di bab akhir di jelaskan reliabilitas dan validitas pengukuran.
Setiap bab di lengkapi dengan contoh penyelesaian soal – soal yang diaplikasikan pada masalah – masalah yang dibahas dalam bab yang bersangkutan dari bagaimana prinsip dalam pengumpulan data, cara mengumpulkan data, dan alat yang digunakan untuk pengumpulan data statistika.Â
Dengan demikian mahasiswa dapat memahami bagaimana menerapkan statistika pada masalah – masalah psikologi dan pendidikan. Setiap bab telah dilengkapi dengan beberapa soal sebagai latihan.
Buku ini mencoba membahas lebih jauh tentang keterkaitan antara statistika, psikologi, dan pendidikan. Isi buku ini pun membahas lebih dalam mengenai pengenalan konsep – konsep dasar statistika dan diakhiri dengan bahasan rehabilitas dan validitas pengukuran.Â
Setiap pembahasan masalah disajikan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, sehingga memudahkan pembaca memahami materi tersebut. Selain itu, setiap akhir bab disajikan soal-soal serta cara penyelesaiannya yang diaplikasikan pada masalah yang dibahas.
Melihat isi buku yang membahas masalah mengenaim statistika untuk psikologi dan pendidikan, buku ini patut untuk dibaca oleh para mahasiswa, dosen, praktisi, maupun anda yang menaruh perhatian terhadap bidang psikologi dan pendidikan.
Pada buku ini juga membahas tentang variable, frekuensi, dan distribusi secara tunggal maupun kelompok beserta cara penyelesaiannya agar menjadi sebuah data yang kompleks.Â
Kemudian juga membahas tentang grafik mulai dari pengertian, bagian – bagian utama grafik, macam – macam grafik serta cara melukir grafik data, pembahas yang umum juga dijelaskan dalam buku ini seperti average, mean, median, modus, quartile, decile, dan parcentile sebagai ukuran penentuan letak nilai selain median.Â
Pada bab – bab berikutnya juga dapat ditemukan tentang masalah penyebaran data, macam – macam ukuran penyebaran data seperti range, deviasi, deviasi standar, serta hubungan deviasi rata – rata dan deviasi standar.
Maka dari itu buku ini cocok untuk digunakan dalam proses belajar statistika psikologi dan pendidikan, serta membantu mahasiswa dalam melakukan penelitiana mulai dari apa – apa saja yang perlu dipersiapkan, langkah – langkah apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara merumuskan data yang baik dan benar, baik melalui grafik, tabel, dan lain- lain.Â
Semua sub-bab yang ada pada buku ini dipaparkan secara jelas dan baik yang mencakup muai dari pengertiannya, macam – macamnya, sifatnya, penggolongannya, fungsinya, serta contoh dan cara penyelesainnya.
Kelebihan BukuÂ
- Setiap pembahasan masalah disajikan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
- Setiap akhir bab disajikan soal-soal serta cara penyelesaiannya yang diaplikasikan pada masalah yang dibahas.
- Terdapat banyak contoh soal dan penyelesaiannya.
- Memaparkan berbagai metode serta cara dalam proses penelitian yang tentunya sangat berguna bagi para mahasiswa.
- Memberikan rumus dalam pemecahan data.
Kekurangan Buku
- Terdapat penjelasan yang tidak begitu rinci sehingga membuat pembaca bingung darimana sebuah angka itu bisa berasal.
- Terdapat tabel yang sulit dipahami.