Berdasarkan hakikatnya pengembangan kurikulum adalah suatu usaha untuk mencari rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta mencari berbagai cara untuk digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran agar bisa sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan untuk mencapai tujuan tertentu dalam suatu lembaga. Pelaksanaan pengembangan kurikulum berpacu pada standar nasional pendidikan agar tujuan pendidikan nasional bisa terwujudkan. Diharapkan suatu kurikulum dapat memberikan landasan dan isi serta menjadi pedoman bagi pengembangan kemampuan siswa secara optimal yang sesuai dengan tuntunan dan tantangan perkembangan masyarakat. (UU No. 20 tahun 2003 Bab X tentang kurikulum, pasal 36 ayat 1). Menurut Audrey Nicholls dan Howard Nicholls, pengembangan kurikulum merupakan perencanaan kesempatan-kesempatan belajar yang ditujukan untuk membawa siswa ke arah perubahan-perubahan yang diinginkan dan menilai sampai di mana perubahan itu telah terjadi pada diri siswa. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) model adalah pola (contoh, acuan, ragam) dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan, jika dikaitkan dengan pengembangan kurikulum maka dapat diartikan sebagai suatu pola, contoh dari suatu bentuk kurikulum yang akan dijadikan acuan pelaksanaan pendidikan atau pembelajaran. Ada beberapa model pengembangan kurikulum:
KEMBALI KE ARTIKEL