Teknologi informasi di era globalisasi yang berkembang pesat membawa perubahan signifikan dalam kehidupan masyarakat modern. Perubahan ini memengaruhi paradigma manusia dalam bekerja, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan sesama. Teknologi informasi yang semakin canggih memberikan peluang bagi setiap individu untuk mengakses informasi serta dapat berkomunikasi dengan mudah tanpa memikirkan waktu. Salah satu bentuk kecanggihan teknologi informasi tersebut yaitu media sosial. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), media sosial adalah laman atau aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai isi dan terlibat dalam jaringan sosial. Kehadiran media sosial berimplikasi terhadap kemudahan aksesibilitas dan percepatan informasi. Jumlah pengguna media sosial di Indonesia menunjukkan angka yang tidak sedikit. Berdasarkan data yang dipublikasikan di laman
databoks.katadata.id, jumlah pengguna media sosial di Indonesia mencapai 191 juta pengguna atau sekitar 73,7% dari jumlah populasi Indonesia, dengan jumlah pengguna aktif mencapai 167 juta pengguna atau sekitar 64,3% dari jumlah populasi Indonesia. Jika dilihat frekuensi penggunaannya, rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan 3 jam 14 menit per hari di media sosial dan 81% dari mereka mengaksesnya setiap hari.
KEMBALI KE ARTIKEL