Secara bahasa, kata 'kognitif' berasal dari kata "cognition" yang artinya pengertian atau pemahaman. Kognitif adalah kemampuan berpikir manusia yang berkaitan dengan kecerdasan seseorang. Sederhananya, kognitif mencakup seluruh aktivitas mental yang memungkinkan individu untuk menghubungkan, mempertimbangkan, dan menilai suatu peristiwa. Melalui proses ini, individu dapat memperoleh pengetahuan. Dalam konteks perkembangan anak, pemahaman tentang kognitif sangat penting untuk merancang metode pembelajaran yang efektif. Dua tokoh terkemuka yang banyak dibahas dalam teori perkembangan kognitif adalah Jean Piaget dan Lev Vygotsky. Meskipun keduanya meneliti cara anak-anak berpikir dan belajar, pendekatan mereka memiliki perbedaan mendasar. Dengan menggali teori-teori ini, kita dapat lebih memahami bagaimana anak-anak membangun pengetahuan dan keterampilan mereka, serta bagaimana faktor lingkungan dan sosial mempengaruhi proses kognitif tersebut. Artikel ini akan menganalisis teori-teori Piaget dan Vygotsky, serta implikasinya bagi pendidikan masa kini.
KEMBALI KE ARTIKEL