Gen z merupakan generasi yang masa kelahirannya tahun 1996-2010. Fear of Missing Out atau biasa disingkat dengan FOMO adalah sindrom yang saat ini marak terjadi pada kalangan anak remaja hingga dewasa, khususnya Gen Z. Aplikasi Tik Tok merupakan sebuah media audio visual yang dapat menyebar luaskan berbagai kreativitas dan keunikan dari penggunanya, yang juga dapat memberikan efek maupun dampak positif ataupun negatif terhadap pelakunya. FOMO digambarkan sebagai rasa takut atau cemas yang dirasakan seseorang karena tidak ikut serta dalam pengalaman yang menyenangkan bersama orang-orang terdekatnya, dan rasa takut atau cemas karena akan diabaikan karena tidak ikut serta dalam pengalaman atau trend tersebut (Przybylski,2013). Karakter FOMO ditandai dengan individu yang memiliki keinginan untuk selalu up to date agar tidak tertinggal dari berbagai informasi dan trend-trend terbaru. Individu berkarakter FOMO berusaha untuk selalu dapat terhubung dengan media sosial, dengan begitu mereka tidak akan merasa ketinggalan dengan keadaan atau trend yang telah dilakukan oleh orang-orang di media sosial.
KEMBALI KE ARTIKEL