Komunikasi yang baik antara tenaga medis, tenaga kesehatan, dan pasien sangatlah penting dalam mencapai hasil perawatan yang maksimal. Salah satu hal yang dapat meningkatkan kualitas komunikasi kesehatan ialah sikap empatik yang ditunjukkan oleh tenaga medis dan tenaga kesehatan. Menunjukkan sikap empatik tidak hanya menciptakan hubungan yang lebih manusiawi, tetapi juga meningkatkan kepercayaan pasien kepada para tenaga medis dan tenaga kesehatan. Komunikasi yang efektif sendiri di dalam lingkungan kesehatan merupakan aspek penting dalam memastikan pemahaman pasien terhdap kondisi medisnya, menentukan opsi perawatan yang ada, dan langkah -- langkah pemulihan yang diperlukan. Selain itu, kolaboras yang harmonis antara tenaga medis, tenaga kesehatan, dan pasien juga dapat membantu mengurangi kecemasan, meningkatkan kepuasan tersendiri bagi pasien, serta meningkatkan kepatuhan terhadap rangkaian pengobatan yang harus dilalui.
KEMBALI KE ARTIKEL