Lihat sekeliling kalian, mulai dari papan iklan yang terpajang di jalanan, poster yang meramaikan tembok-tembok, hingga desain dari kemasan makanan atau minuman yang terjual di berbagai tempat perbelanjaan. Apakah kalian melihat wajah tujuh member grup K-Pop BTS? Jennie dari BlackPink? Jung-kook dari BTS? Ketujuh member ENHYPEN? Atau wajah dari grup K-Pop lainnya. Kalian tidak akan pernah bisa melepas pandangan dari wajah idola K-Pop yang terlihat jelas di tempat-tempat tersebut, sejauh mata memandang akan tetap terlihat wajah mereka. Meledaknya trend pemasaran sebuah produk menggunakan idola K-Pop tidak terlepas dari pengaruh idola itu sendiri yang dikenal memiliki dampak besar pada kebiasaan pembelian konsumen. Bagaimana bisa K-Pop mendominasi brand-brand tersebut?, dan mengapa mereka menjalin kerja sama dengan idola K-Pop untuk mempromosikan produk mereka?. Sebelum menjawab rasa penasaran tersebut, mari kita simak terlebih dahulu apa itu definisi dari K-Pop.Â
KEMBALI KE ARTIKEL